Selasa, 29 Desember 2009

Trik Internet Gratis Dengan Opera Mini Lewat PC

Pertama-tama yang mau saya jelaskan yaitu tutorial ini sama sekali tak ada di internet. So, saya yang pertama kali membuat tutorial ini… hahahaha. Sebaiknya “Save” aja dulu halaman ini lalu download semua program yang saya suruh dan baca di rumah sambil makan cemilan. Hehehe…

Tapi sebetulnya isi dari tutorial ini saya dapatkan dari berbagai macam sumber. Bermula ketika saya sebagai pengguna OperaMini yang ingin mencari Aplikasi pembuka file *.OBML (file Save Page dari OperaMini), lalu saya mencari Aplikasi untuk menjalankan Aplikasi HP (Java) ke PC, lalu saya tidak sengaja menemukan OperaMini yang sudah dimodifikasi khusus pengguna Indosat, tapi hanya dalam bentuk *.JAR. Jadi tidak bisa dijalankan di PC walaupun pakai Aplikasi SjBoy Emulator. Pengalaman buruk menggunakan SjBoy Emulator yaitu rawan virus masuk lewat internet dan kita tidak bisa melihat gambar di website manapun, hanya warna dasarnya saja. Lalu akhirnya saya mencari Aplikasi lain untuk menjalankan aplikasi ponsel (Java) di PC dan saya menemukan Microemulator yang benar-benar bagus,bisa melihat gambar, dan tidak rawan virus sepertinya (tergantung situsnya). Silahkan lihat artikel saya tentang perbandingan SjBoy Emulator VS Microemulator (di sini)

Namun lagi-lagi saya mendapat kendala yaitu SjBoy untuk menjalankan aplikasi HP yang bertipe *.JAR, sedangkan Microemulator untuk yang bertipe *.JAD. Tentu kita tahu kalau file *.JAR itu semacam aplikasi yang sudah “matang”, sedangkan file *.JAD itu semacam ada yang “mentahnya”. Padahal saya ingin sekali untuk bisa menjalankan OperaMini yang sudah dimodifikasi itu di PC tapi sayangnya bertipe *.JAR dan tidak bisa dijalankan di PC walaupun pakai SjBoy Emulator. Namun Tuhan YME memang melihat hamba-Nya yang sedang berusaha untuk “berhemat”. Akhirnya dari hasil pencarian di Google saya tidak sengaja menemukan Aplikasi JAD-Maker yang ternyata ukurannya kecil dan portable. So, sekarang OperaMini itu yang bertipe *.JAR sudah bisa dirubah jadi bertipe *.JAD dan bisa dijalankan di PC. Tinggal rubah tampilannya jadi “Full Screen” dan rubah Text jadi “Extra Large” dan sekarang Anda bisa merasakan sensasi berinternet seperti browsing di PC. Namun kali ini dengan berbagai macam trik yang akan Anda lakukan, maka Anda dapat browsing,download, dan upload sepuasnya tanpa pulsa alias gratis.

Oke, mungkin Anda sudah tak sabar menunggu trik ini. Baiklah, yang mesti Anda lakukan adalah :

1.Sediakan PC/Laptop.

2.Kartu dari Operator mana saja (Contoh : Indosat,Telkomsel,Axis,XL,dan 3), tapi dalam kasus ini saya menggunakan kartu Indosat seperti Mentari/IM3 (Di sarankan beli yang perdana saja).

3.Sediakan Modem yang bisa untuk kartu GSM seperti Express Card,PCMCIA II,Modem 3G/HSDPA, atau pilihan terakhir HP GSM yang bisa dijadikan Modem.

4.Download Java Run Time Environment (JRE) di www.filehippo.com

5.Download Microemulator versi terbaru di http://sourceforge.net/projects/microemulator/files/. Anda download saja yang Microemulator.tr.gz tak perlu yang Source.tr.gz. Saya sudah coba download yang Source.tr.gz, tapi tidak bisa berjalan di komputer saya.

6.Download OperaMini 4.2 Modifikasi di (link OM 4.2).

7.Download JAD-Maker Portable (di sini). Ini jika Anda mau saja.

Setelah semua Anda download, sekarang waktunya proses instalasi :

1.Nyalakan PC/Laptop Anda.

2.Aktifkan GPRS di kartu Indosat Anda. Yang tidak tahu baca (di sini).

3.Sambungkan Modem yang Anda punya dengan kartu GSM Indosat Anda. Jika Anda hanya punya HP GSM sebagai Modemnya baca (di sini).

4.Install Java Run Time Environment (JRE) Anda.

5.Ekstrak Microemulator Anda (Saran saya di C:\Program Files\microemulator-2.0.3 saja).

6.Ekstrak Folder OperaMini yang sudah Anda download tadi lalu pindahkan file *.JAR dan *.JAD-nya ke folder “C:\Program Files\microemulator-2.0.3\apps”.

Setelah semua ter-install, sekarang waktunya penggunaan :

1.Yang pertama Anda harus ketahui adalah Java Run Time Environment (JRE) ter-install sebagai sebuah Driver bukan Aplikasi.

2.Aplikasi Microemulator membuat Folder sistem di C:\Documents and Settings\Personal\.microemulator.

3.Sekarang Anda buka Aplikasi “microemulator” yang ada di C:\Program Files\microemulator-2.0.3

4.Pilih Options-Select Device- Add lalu cari C:\Program Files\microemulator-2.0.3\devices. Anda “Open” semua yang ada. Ini adalah Plug-in untuk membuat tampilan “microemulator” bisa disesuaikan sesuai dengan kemauan kita. (Dalam hal ini OperaMini)

5.Pastikan Modem Anda (Dalam hal ini dari kartu GSM Indosat) sudah aktif dan terkoneksi ke PC/Laptop Anda.

6.Buka Aplikasi “microemulator” lalu pilih “OPEN JAD File” lalu cari folder “C:\Program Files\microemulator-2.0.3\apps” tempat Anda menaruh file OperaMini tadi.

7.Akan ada kotak yang mesti Anda isi. Untuk kartu Indosat, isi “Custom HTTP Server” = http://wap3g.indosat.com@server4.operamini.com:80/ dan “Front Query” = wap3g.indosat.com@. Kotak yang lainnya kosongkan saja. Untuk kode kartu Axis,3, dan XL silahkan lihat (di sini), sedangkan untuk Telkomsel kodenya “chatbox.telkomsel.com@”.

Setelah kode itu diisi, sekarang Anda siap browsing,download, dan upload sepuasnya tanpa pulsa alias gratis, hahahahahaha…

Itu tadi adalah dasar pembahasan dari penggunaan JRE dan Microemulator yang digunakan untuk menjalankan Aplikasi Java bertipe *.JAD, sedangkan untuk yang bertipe *.JAR sebaiknya Anda rubah saja dengan Aplikasi JAD-Maker yang sudah Anda download tadi. Caranya cukup unik, hanya buka JAD-Maker lalu geser/drag file *.JAR ke arah JAD-Maker, maka akan ada file *.JAD di folder tempat file *.JAR berada. Tapi ternyata ada sebagian file *.JAR yang justru tidak bisa berjalan jika dirubah jadi *.JAD. Oleh karena itu peran SjBoy Emulator sebagai pembuka file *.JAR barulah digunakan. Sekarang saya akan menjelaskan penggunaan Aplikasi OperaMini Modif ini secara maksimal.

1.Untuk menyimpan halaman :

Seperti kita ketahui kalau OperaMini itu menyediakan fitur “Save Page” yang berekstensi *.OBML, tapi ternyata tidak ada Aplikasi pembuka file *.OBML sampai sekarang (CMIIW). Jadi harus ada OperaMini untuk membuka file ini. Oke, cara konfigurasinya adalah :

1.Buka file “config.xml” yang ada di C:\Documents and Settings\Personal\.microemulator. Buka menggunakan Adobe Dreamweaver jika sudah mengerti. Untuk yang tidak punya buka saja dengan “Notepad” lalu copy-paste ke “Ms.Word” atau bisa juga dengan Notepad++.

2.Cari tag </windows> lalu tambahkan kode di bawah ini :

<extensions>

<extension>

<className>org.microemu.cldc.file.FileSystem</className>

<properties>

<property VALUE="C:\" NAME="fsRoot"/>

</properties>

</extension>

</extensions>

Setelah Anda tambahkan kode tersebut di “Ms.Word”, sekarang Copy lagi semuanya lalu Paste-kan ke Notepad kembali tempat Anda membuka file “config.xml” tadi lalu pilih “Save”. (Jadi seperti di Replace isi file “config.xml”-nya)

Ket : “C:\” adalah drive tempat penyimpanan file “Save-Page”. Namun kenyataannya kode ini akan berpindah dengan sendirinya ke tag </main>. Tapi akhirnya fitur “SavePage” OperaMini akan ada dengan sendirinya dan kita sekarang sudah bisa menyimpan halaman website. Ketika Anda ingin menyimpan halaman, maka akan ada pilihan Anda ingin menyimpan di “C:/ atau di E:/” dan ternyata “microemulator” ini membuat Folder FileSystem di C:\Documents and Settings\Personal\.microemulator\filesystem. Disinilah file .*OBML dari “Save-Page” OperaMini berada.

Jadi jika Anda ingin meng-upload suatu file, maka masukkan salah satu file (Contoh : file gambar.jpg) ke folder “C:/ atau di E:/” yang ada di C:\Documents and Settings\Personal\.microemulator\filesystem. Lalu Upload-lah seperti biasa Anda meng-upload file lewat OperaMini jika menggunakan ponsel. Jadi intinya Folder “C:/ atau di E:/” ini adalah semacam kartu Memori seperti yang ada di HP Anda dan Folder “C:/ atau di E:/” ini juga berlaku ketika Anda men-download suatu file.

2.Sekarang masalah Proxy :

Inilah yang ditunggu-tunggu karena buat apa internet kalau tanpa Proxy. Setiap Provider mungkin punya Proxy-nya sendiri, silahkan Anda cari di internet. Tapi kali ini saya akan menjelaskan Proxy dari Indosat yang akan Anda lakukan pada trik kali ini. Oke, caranya adalah :

1.Buka file “config.xml” yang ada di C:\Documents and Settings\Personal\.microemulator. Buka menggunakan Adobe Dreamweaver jika sudah mengerti. Untuk yang tidak punya buka saja dengan “Notepad” lalu copy-paste ke “Ms.Word” atau bisa juga dengan Notepad++.

2.Cari tag <system-properties> lalu tambahkan kode di bawah ini :

<system-property VALUE="010.019.019.019" NAME="http.proxyHost"/>

<system-property VALUE="8080" NAME="http.proxyPort"/>

<system-property VALUE="localhost" NAME="http.nonProxyHosts"/>

Setelah Anda tambahkan kode tersebut di “Ms.Word”, sekarang Copy lagi semuanya lalu Paste-kan ke Notepad kembali tempat Anda membuka file “config.xml” tadi lalu pilih “Save”. (Jadi seperti di Replace isi file “config.xml”-nya)

Ket : “010.019.019.019” adalah alamat Proxy Indosat dan “8080” adalah Port-nya. Jika Anda menggunakan Provider lain tentu Proxy dan Port-nya juga berbeda. Silahkan Anda cari sendiri Proxy dan Port-nya. Sekarang Anda sudah bisa browsing,download, dan upload sepuasnya tanpa pulsa alias gratis.

3.Sekarang membuat Aplikasi *.JAD (Dalam hal ini OperaMini) bisa langsung dijalankan :

1.Buka Folder “C:\Program Files\microemulator-2.0.3”

2.Pada file “microemulator” klik kanan-lalu “Create Shortcut” bukan “Send To Desktop (Shortcut)”

3.Klik kanan hasil “microemulator” yang sudah dibuat Shortcut-nya tadi lalu pilih Properties

4.Pada kotak “Field Target” rubah namanya jadi :

java -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar org.microemu.app.Main -impl org.microemu.cldc.file.FileSystem org.microemu.examples.fcview.FCViewMIDlet apps\opera-mini-4.2.14912-advanced-id.jad

Atau :

C:\WINDOWS\system32\java.exe -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar org.microemu.app.Main --impl org.microemu.cldc.file.FileSystem org.microemu.examples.fcview.FCViewMIDlet apps\opera-mini-4.2.14912-advanced-id.jad

Ket : Anda bisa pilih salah satu cara tersebut. Mau yang cara pertama atau kedua itu sama saja. Nah yang terpenting adalah bagian paling belakang, yaitu nama dari file *.JAD tersebut. Jadi jika Anda punya file *.JAD yang lain, yang perlu Anda lakukan hanya merubah nama file *.JAD-nya saja. Tapi jangan lupa untuk membuat Create Shortcut “microemulator” seperti tadi. Ingat sebelum Anda melakukan langkah ini, pastikan nama file *.JAD tidak memiliki karakter spasi. (Contoh : Jika file *.JAD Anda bernama Opera Mini, segeralah rubah jadi Opera-Mini atau Opera_Mini karena jika file *.JAD Anda memiliki karakter spasi, maka tidak akan bisa jalan jika Anda melakukan langkah ini).

Setelah Anda merubah nama di kotak “Field Target” lalu klik Apply-OK. Lihatlah sekarang file Shortcut “microemulator” yang Anda buat jika di klik 2 kali, maka akan langsung memunculkan file *.JAD Anda (Dalam hal ini OperaMini) dan Anda langsung bisa klik “Start” tanpa perlu “Open-JAD”. Lalu rubah nama Shortcut “microemulator” tersebut menjadi “OperaMini”.

4.Sekarang merubah ikon Shortcut “microemulator” Anda :

1.Buka Folder “C:\Program Files\microemulator-2.0.3”

2.Cari “microemulator” yang sudah Anda buat Shortcut tadi dan yang sudah Anda rubah tadi namanya jadi “OperaMini” (Langkah yang di atas itu).

3.Lalu Klik kanan “OperaMini” tadi-pilih “Properties”-lalu pilih “Change Icon”-lalu carilah ikon Opera Anda di C:\Program Files\Opera (jika Anda sudah meng-install Opera) lalu pilih salah satu ikon. Karena OperaMini adalah Aplikasi Opera jadi sebaiknya Anda punya Web Browser Opera juga. Namun jika Anda ingin membuat ikon yang lucu, Anda bisa menggunakan aplikasi (Portable) Microangelo Toolset 6. Anda bisa mencarinya di www.4shared.com atau baca dulu (artikel ini).

4.Jika “OperaMini” Anda yang tadinya ber-ikon JRE sekarang sudah berubah jadi ikon Opera. Waktunya “Create Shortcut to Desktop”. Mudah bukan ?

Ket : Sebetulnya langkah ke-4 ini tidak perlu Anda lakukan, tapi hal ini dilakukan untuk sekedar memaksimalkan Aplikasi OperaMini Anda saja.

5.Sekarang waktunya me-review :

A.Opera Mini Full Screen :


Ket : Hal ini dapat dilakukan jika Anda memilih Option-Device-Resizeble Device (Rubah jadi Full Screen) dan pada Setting Text di OperaMini rubah jadi “Extra Large”. Jadi Anda dapat merasakan sensasi berinternet seperti di PC tanpa pulsa alias gratis. Namun sayangnya hal ini hanya berguna untuk browsing yang hanya klik-klik link saja. Jadi jika Anda menggunakan Full Screen ketika Anda ingin memasukkan kata-kata ke dalam kotak/Field, maka akan terjadi erorr. (Contoh : Anda bermain Facebook dengan tampilan Full Screen, tapi ketika Anda ingin memposting sesuatu, maka tidak akan bisa karena kotak Field-nya jadi Erorr. Solusinya adalah Anda jangan pakai tampilan Full Screen tapi “Large Device”).

B.Dengan Tampilan Large Device :


Ket : Ternyata OperaMini ini bisa dibuka sebanyak-banyaknya. Terlihat di atas ada 3 IP yang berbeda tapi dalam 1 Modem. Hahaha… bisa dibayangkan dengan layar PC/Laptop yang hanya 14’ch saja, Anda berasa mempunyai 3 HP. Mungkin yang punya layar 30’ch berasa punya Counter HP yah ?. Hahaha… Jadi Anda bisa bermain Facebook bersama keluarga,pasangan berlawanan/sejenis, atau selingkuhan Anda. Hahaha…. dan lagi-lagi tanpa pulsa alias gratis. Di bawah ini yang sering saya buka


C.Tampilan Normal :

Mungkin cara No.1 kita tidak bisa menulis di kotak Field tapi bisa Full Screen, sedangkan cara No.2 kita bisa buka banyak tapi bentuknya kecil. Maka cara terakhir ini adalah yang paling normal yaitu :


Ket : Ini saya menggunakan ukuran “Large Device”, tapi pada pilihan Options saya pilih “Scaled Display”-x2. Di situ juga terlihat hasil “Save Pages” kan ?. Tapi ketika ingin “Save Pages” suatu artikel sebaiknya Anda menggunakan SATU OPERA MINI SAJA karena jika Anda menggunakan banyak OperaMini seperti No.2, maka hasil Save Pages di OperaMini ke-1 tidak akan ada di OperaMini ke-2. Do you understand what I’m say ?.

Oke, kira-kira itu saja yang bisa saya jelaskan. Jadi sekali lagi untuk sekedar Refresh : Beli kartu Indosat perdana,aktifkan GPRS-nya,Modem GSM sudah tersambung ke PC/Laptop dengan setting GPRS dari Indosat,download semua Aplikasi yang saya berikan,Install ke Folder sesuai dengan yang saya sarankan,rubah sedikit kode di file “config.xml”,jalankan OperaMini tersebut di PC/Laptop dengan Microemulator,masukkan kode Internet Gratis dari tiap operatornya,pilih ukuran yang Anda mau, dan maksimalkan OperaMini jika perlu. Terima kasih sudah mau mengikuti ajaran ini.

NB : Jika Anda tidak mau repot-repot melakukan semua langkah di atas. Maksudnya Anda mau OperaMini itu bisa dijalankan di HP. Silahkan Anda download OperaMini Modifikasi di www.4shared.com/file/147862798/913f1e9f/Opmin42HandlerUI110.html langsung dari Handphone. Lalu isi kodenya seperti yang sudah saya berikan tadi atau lihat (di sini), sedangkan untuk Telkomsel kodenya “chatbox.telkomsel.com@”.

Oke, sekian penjelasan saya tentang “Trik Internet Gratis Dengan Opera Mini Lewat PC”. Trik internet gratis dengan OperaMini ini sebetulnya sudah ada pada tahun 2008, tapi hanya untuk pelanggan Indosat lalu sempat mati beberapa bulan. Dan trik ini kembali berfungsi sekitar Juli 2009 sampai sekitar Desember 2009 lalu trik ini mati lagi, namun jalur “wap3g.indosat.com@” masih bisa digunakan. Jadi ada kemungkinan trik ini bisa gratis lagi. Namun ada yang lebih mengaggetkan lagi ternyata semua operator seluler malah melakukan hal ini. Akhirnya saya berpikir kalau ini adalah suatu teknik pemasaran secara “gelap” yang dilakukan oleh suatu operator.

Saya yakin akan hal ini karena kalau saya ambil contoh dari trik internet gratis Indosat, maka semua orang akan berbondong-bondong menggunakan kartu Indosat agar bisa browsing,download, dan upload sepuasnya tanpa pulsa alias gratis. Lalu setelah operator ini mendapatkan banyak pelanggan, maka operator ini akan mematikan layanan internet gratisnya setelah beberapa bulan. Jadi kita harus bayar kalau ingin ber-internet. Anda bisa lihat (di sini) kalau di situ banyak komentar yang mengatakan kalau trik internet gratis dari Axis,3,XL, dan Indosat sudah mati alias kita harus bayar untuk biaya internet. Namun jalur-jalur kode internet gratis dari tiap operator yang menyediakan layanan gratis masih bisa digunakan. Jadi ada kemungkinan trik ini bisa gratis lagi. Yah, kita tunggu saja dan mudah-mudahan Anda tidak kecewa.

Setidakanya langkah-langkah yang saya tulis di atas itu belum ada sama sekali di internet. Sangat sulit mencari artikel yang lengkap tentang “Menjalankan OperaMini di PC” dan ini merupakan artikel terpanjang yang pernah ada di blog saya juga saya sengaja pasang di akhir tahun karena artikel ini mungkin yang terakhir di blog saya. Saya berharap artikel ini tidak mengecewakan Anda dan SELAMAT TAHUN BARU 2010 !!!

Referensi :

1.www.aplikasi-hape.co.cc

2.http://www.esc-creation.com/2008/09/04/tips-internet-gratis/

3.http://setucom.wordpress.com/2009/07/12/membuka-file-obml-pada-komputerpclaptop/

4.http://my.opera.com/id/blog/opera-mini-di-pc-komputer-full-guide

5.http://my.opera.com/community/blog/2008/04/03/opera-mini-on-your-pc

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

19 komentar:

halim inside mengatakan...

wahh.. nais inpo..

Anonim mengatakan...

infonya sangat bagus mas,cuman stlh gua coba di pc tdak bisa mengaplikasikannya,trik ini memang rumit?akan gua coba lg lain waktu karena untuk semua operator gratisan di indonesia sudah ditutup,jd gak bisa dipancing untuk gratisannya?kasihan yg suka gratisan kini hrs bayar lagi?weleh???.........

Anonim mengatakan...

tulll mohon pencerahannya,walaupun keterangan diatas dah mendetail tetap saja belum bisa tuk brosing gratis,tolong infonya yang baru mas....?

Anonim mengatakan...

Wah, skrg sudah gak ada lagi yg gratisan. Lebih baik berlangganan internet yg murah saja, seperti SMART contohnya yg hanya 45rb/bln sudah Unlimited

Anonim mengatakan...

kalau diterapkan di modem bisa ga? mohon bantuannya.

Anonim mengatakan...

kalo modem sepertinya bisa, asal menggunakan sim Card kartu seluler yg ada internet gratisnya. Tapi rata2 modem itu kan kita pakai internet ISP bukan internet untuk telepon seluler. Sedangakn disini dijelaskan trik intenet gratis dari layanan telepon seluler.

Exspreesmalip mengatakan...

trima kasih ya mas infonya.aku udah ikuti yang mas bilang udah bisa dan makai telkomsel .aneh mas punya aku kartu as nya gratis biar nda da pulsa pull 24 jam brow /download. tapi makei simpati nda bisa.kalo as aku ada pulsaberkurang gak ada tetap nyambing jadi gratis pakai modem hp aja . http servernya.www.wap.telkomsel.com....................................:1080 atau www.chatbox.telkomsel.com................................:1080. Kalo 80 atau 8080 gak bisa browsing. trima kasih internet gratisnya.

Anonim mengatakan...

info bagus ini hanya bisa diterapkan bagi yg sdh senior spt saya..memang dah sukses stl sekian lama aku utak atik...dan berhasil? tapi ada tapinya mas untuk download file yang besar masih gagal diatas 20m,kenapa ya mas ...mohon solusinya makasih ..dariku garis..salam gretongan selalu

Anonim mengatakan...

tolong bagikan trik atau tutorialnya ke garis.ungu@yahoo.co.id untuk dapat mendownload file yang besar kaya spt film dan game2...?thanks blogger ngasah pisau.

Anonim mengatakan...

MOHON BANTUAN.

Anonim mengatakan...

Udah susah nyari yang baru. udah lah, sekarang internet juga udah murah. Aku aja pakai 3 yg unlimited cuma 25rb per bulan. Speed tergantung jaringan, tapi fair usage nya cuma 500MB. abis itu turun jadi 64kbps...

Anonim mengatakan...

....mau yang KEBUTUHAN MARGINAL , pakai 3 and 0.fb....ol terus

Software Collection mengatakan...

kunjungan pertama Gan...
thanks atas infonya.......

salam blogger...
kunjung balik ya.......

agen pulsa murah tangerang mengatakan...

banyak banget gan tutorialnya??

Anonim mengatakan...

masih berfungsi gak sih sekarang????

andho kiddrock mengatakan...

Gan Kalo pke krtu xl bisa nggak?

bathara mengatakan...

oke BGT broo>>>>thnk info'y

Andayjaka Tarub mengatakan...

udah coba,, cara download file nya gmn,,, q pke opmin yg 6.5

bola368 mengatakan...

makasih mass infonya..
info seputar bola, prediksi bola ter-update..
berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA hanya ada di Bola368.net
Kunjungi juga Bola368.org , Anda puas Kami pun senang.!

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !