Jumat, 20 November 2009

SjBoy Emulator VS Microemulator

Sebelum membaca postingan ini sebaiknya Anda membaca postingan saya tentang (SjBoy Emulator) dan (Microemulator) untuk lebih lengkapnya. Btw, saya sudah sering membahas kedua aplikasi ini yang fungsinya sebagai Emulator dari aplikasi-aplikasi ponsel Java atau file-file bertipe *.JAR/*.JAD dan kali ini saya akan membuat beberapa perbandingan antara kedua aplikasi ini yang mana sangat jauh perbedaannya, tapi kedua aplikasi ini ternyata tetap dibutuhkan walaupun memiliki kekurangan antara satu sama lain. Oke, langsung saja :

1.Pengertian :

SjBoy Emulator atau Microemulator adalah sebuah aplikasi Emulator yang fungsinya untuk menjalankan aplikasi ponsel Java (*.JAR/*.JAD) di PC. SjBoy Emulator biasanya digunakan untuk menjalankan file *.JAR, sedangkan Microemulator digunakan untuk menjalankan file *.JAD.

2.Pengetikan :

Ketika kita menggunakan SjBoy Emulator kita tidak bisa menulis karakter tertentu dengan Keyboard seperti “@” jadi harus menggunakan tampilan ponsel, hal ini tentu saja merepotkan (Anda akan mengerti jika sudah mencoba), sedangkan untuk Microemulator kita bisa menulis Full Character dengan Keyboard.

3.Ukuran :

Kedua aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak lebih dari 10MB (CMIIW). Jadi tidak akan menghabiskan banyak ruang di HardDisk Anda.

4.Plug-In Layar :

Kedua aplikasi ini sama-sama memiliki Plug-In untuk bisa membuat aplikasi ini yang tadinya berbentuk ponsel bisa menjadi Full Screen atau sesuai keinginan kita.

5.Gambar :

Ketika saya menggunakan SjBoy Emulator, saya tidak bisa melihat gambar dari situs manapun (hanya Background-nya saja), sedangkan ketika saya menggunakan Microemulator, saya bisa melihat gambar dari situs manapun.

6.Virus :

Ketika saya menggunakan aplikasi Java seperti OperaMini atau Snaptu menggunakan SjBoy Emulator Emulator, saya selalu mendapat peringatan ada virus yang masuk, sedangkan ketika menggunakan Microemulator saya tidak pernah mendapatkan peringatan virus (mungkin tergantung situsnya).

Kira-kira itu saja yang dapat saya bandingkan. Dari hasil perbandingan saya di atas, saya sangat merekomendasikan Microemulator untuk menjalankan suatu aplikasi Java di PC Anda. Oleh karena itu yang Anda butuhkan adalah :

1.JRE (Java RunTime Environment) download di Filehippo

2.Microemulator download (di sini) yang “tar.gz” saja

3.Download JAD-Maker Portable (di sini)

Jadi jika Anda mendapat file *.JAR sebaiknya Anda jangan menjalankannya dengan SjBoy Emulator, tapi rubah saja jadi file *.JAD dengan JAD-Maker Portable lalu jalankan dengan Microemulator. Tapi terkadang ada beberapa aplikasi bertipe *.JAR yang jika dirubah menjadi *.JAD dengan (JAD-Maker Portable) tidak akan bisa berjalan dengan Microemulator. Oleh karena itu peran SjBoy Emulator yang dibutuhkan. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Microemulator (baca di sini).

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share