Minggu, 14 Juni 2009

Membuang File Sampah Total

Gila, ternyata sampah di komputer gw banyak banget sampai 20 GIGA BYTE. Gw sampai bingung kenapa bisa sebanyak itu. Dan setelah gw tau kalau ternyata tiap program yang di Uninstall tidak selalu membuang filenya tapi masih banyak yang tersisa yaitu file2 Registry-nya. Seperti contoh pengalaman saya yang paling parah adalah ketika mencoba Install Leopard Transformation Pack sebesar 800MB tapi ketika di Uninstall hanya berkurang 200MB (Baca disini).

Parah banget kan ? Akhirnya gw harus membersihkan file2 sampah secara manual untuk menambah ruang kosong HardDisk saya. Oke, beberapa cara yang saya tau adalah :
1.http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/03/membersihkan-file-sampah-windows-secara.html

Yaitu : Buang file2 sampah yang ada di C:\WINDOWS\Temp, C:\Documents and Settings\Personal\Recent,dan C:\Documents and Settings\Personal\Local Settings\Temp tapi Anda harus menampilkan dulu file2 yang tersembunyi lewat Control Panel (Tau dong caranya)

2.http://fajarsepti.multiply.com/journal/item/13/Membersihkan_file-file_Windows_XP_Yang_Tidak_perlu

Yaitu : Buang sampah di C:\WINDOWS\system32\dllcache, C:\WINDOWS\SoftwareDistribution\Download, C:\WINDOWS\inf (hanya buang file yang ekstensi *.pnf). Setelah Anda membuang file2 di tiga folder tadi lalu lakukan langkah ini :

1.Klik kanan HardDisk Anda
2.Pilih “Properties” lalu pilih “Disk CleanUp”
3.Pada Tab “Disk Clean Up” beri semua tanda centang lalu klik “OK”
4.Ulangi langkah no.1-no.2 lalu pilih Tab “More Option” lalu pilih “Clean Up” pada semua pilihan kecuali “Installed Programs”

Nah, tadi adalah langkah yang dilakukan secara manual. Kalau yang akan saya jelaskan ini menggunakan Software pembuang file2 sampah, yaitu :

1.Download Aplikasi Unlocker disini atau baca dulu disini
2.Download Aplikasi Revo Uninstaller disini
3.Download Aplikasi Registry Cleaner disini
4.Download Aplikasi Tune Up Utilities disini

Sebelumnya gw jelasin dulu kenapa harus download 4 software tadi. Kalau “Unlocker” berfungsi untuk membuang file yang tidak bisa di Delete (Yang sering muncul “Cannot Delete” itu loh), kalau Revo Uninstaller untuk membuang file sampai ke Registry tapi masih kurang (Dianjurkan jika ingin meng-Uninstall suatu program gunakanlah “Revo Uninstaller” jangan lewat “Add/Remove Programs), kalau no.3 dan no.4 pasti udah tau lah. Yang jelas gw pakai semua software itu.

Buset, mau buang file2 sampah aja mesti melakukan cara yang banyak dan ribet. Tapi mau gimana lagi ? Daripada HardDisk isinya sampah semua. Sebetulnya gw punya angan2 mau bikin software yang namanya “Damn Full Cleaner” jadi software ini bisa membersihkan file2 sampah yang tidak dibutuhkan lagi mulai dari Temporary Files sampai ke Registry file, Wah gokil yah !!! (Biasa aja)

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !