Jumat, 20 November 2009

Quran Digital Dan Quran Reciter


Aplikasi ini sama-sama berisi tentang Al Quran dan memudahkan kita para pengguna komputer untuk membaca dan memahami isi Al Quran setiap saat. Saat ini saya menggunakan kedua aplikasi tersebut karena antara satu dengan yang lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena sudah memilki aplikasi ini, saya jadi tidak berani simpan yang “adult-adult” hehe.

1.Quran Digital (baca di sini) :

Al Quran versi digital ini saya dapat dari teman sesama blogger Si Riphqi dan langsung menyadarkan saya akan “adult-adult” itu. Di dalam aplikasi ini kita dapat mengetahui arti dari tiap surat di Al Quran secara jelas dan asal-usul surat tersebut, tapi sayangnya aplikasi ini berbentuk *.CHM (Compiled HTML Help) yang seperti ini bentuknya :

Hal ini memudahkan kita ketika ingin mencari artikel tentang sesuatu. Di situ terlihat artinya dan penjelasannya maupun asal usulnya.

2.Quran Reciter (cari di sini) :

Di aplikasi ini lebih lengkap kita dalam memahami Al Quran karena bisa diterjemahkan dalam banyak bahasa,diatur jadwalnya,diartikan maksudnya, dan yang paling utama kita bisa mendengarkan suara asli dari tiap surat. Namun dalam aplikasi ini kita hanya dapat mendengarkan beberapa suara saja. Jadi untuk mendengarkan surat yang lainnya, kita harus men-downloadnya dari Internet (Yah, maklum saja). Dan kelebihan yang lainnya yaitu kita dapat membaca huruf latinnya.

Jadi untuk orang yang belum fasih membaca huruf Arab, dapat membaca huruf latinnya terlebih dahulu untuk memudahkan dalam pengucapannya.

Oke, itu saja kedua aplikasi Al Quran ini yang dapat saya jelaskan. Saya sendiri menggunakan kedua-duanya karena keduanya sama-sama memilki fitur yang sangat membantu kita dalam memahami Al Quran. Semoga amal kita semua diterima di sisi-Nya…

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share