Jumat, 20 November 2009

Beberapa Arti Ayat Ke 13 Di Al-Quran

Kemarin saya tak sengaja berbicara tentang arti angka 13. Seperti kita ketahui kalau angka 13 itu mengandung banyak arti tentang keburukan atau semacamnya. Seperti contoh yang sangat umum yaitu rumah nomor 13,anak ke 13,lantai ke 13,dan sebagainya. Hal yang sering kita dengar ketika mendapatkan angka ke 13 adalah keburukan. Banyak orang yang berpendapat akan hal itu apalagi orang daerah yang sangat kental akan budaya spiritual. Jika sudah banyak orang yang berpikir kalau 13 adalah angka sial, mungkin itu adalah salah satu penyebab kenapa pemain sepak bola hanya 12 orang. Saya sendiri pernah mendapat tetangga yang rumahnya nomor 13 yang terkenal angker dan mitos itu didukung dengan Film-film horor seperti 13,Bangsal 13, dan Ocean 13 hahaha…

Lalu saya kemarin bertanya kepada ibu saya, kenapa 13 itu adalah angka sial. Lalu ibi saya bilang “Coba saja lihat di Al-Quran kalau ayat ke 13 itu isinya selalu tentang keburukan”. Saya berpikir apa iya yah ? Lalu saya membaca beberapa ayat ke 13 dan isinya memang tentang keburukan,kehancuran, dan sejenisnya. Oke, ini ada beberapa ayat ke 13 dari beberapa surat yang saya tulis. Sekalian untuk Anda yang malas buka Al Quran biar tahu sedikit isinya.

1.Al Baqarah (ayat 13) :

Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman." Mereka menjawab: "Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh; tetapi mereka tidak tahu.

2.Al Maidah (ayat 13) :

(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya[407], dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

3.Al A’raaf (ayat 13) :

Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina."

4.Al Anfaal (ayat 13) :

(Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya; dan barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya.

5.Yunus (ayat 13) :

Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat kezaliman, padahal rasul-rasul mereka telah datang kepada mereka dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata, tetapi mereka sekali-kali tidak hendak beriman. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa.

Kira-kira itulah beberapa ayat ke 13 di Al Quran yang isinya tentang keburukan. Jadi kalau saya pribadi berpikir memang angka 13 itu adalah angka yang jelek. Tapi terserah Anda percaya atau tidak, yang jelas saya hanya menulis artikel ini sesuai dengan judulnya saja.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share