Jumat, 20 November 2009

Jejaring Sosial VS Mikroblogging

Kenapa saya buat perbandingan dua jenis situs itu ? Karena kedua jenis situs tersebut sekarang sedang mendunia ke semua kalangan. Untuk situs jejaring sosial banyak sekali seperti Facebook,Friendster,MySpace,dll sedangkan untuk mikroblogging seperti Twitter,Plurk,Brightkite,dll. Mungkin saya akan beri contoh yang sedang terkenal sekarang untuk situs jejaring sosial adalah Facebook dan untuk situs mikroblogging adalah Twitter (menurut saya). Coba saja Anda buka situs seperti Brothersoft,Filehippo,dll pasti ada akun Facebook dan Twitter mereka. Banyak juga blog yang menampilkan akun Facebook dan Twitter mereka dengan gadget JavaScript/HTML (seperti yang ada di blog saya ini). Kali ini saya akan membuat beberapa perbandingan antara situs Jejaring Sosial dan Mikroblogging menurut saya :

1.Popularitas :

Jejaring Sosial dan Mikroblogging sama-sama memiliki pengguna yang banyak karena sangat dibutuhkan dalam era teknologi ini. Contoh pembuat situs jejaring sosial adalah Facebook dan untuk situs mikroblogging adalah Twitter sama-sama masuk dalam “100 orang paling berpengaruh” versi majalah Time tahun 2008.

2.Kegunaan :

Jejaring Sosial dan Mikroblogging tentu saja memiliki kegunaan yang berbeda tapi hampir sama fungsinya untuk mencari teman. Jejaring Sosial biasanya kita dapat mengirim pesan langsung ke profil orang tersebut atau biasa disebut pesan Dinding/Testimoni dan masih banyak fitur-fitur lainnya, sedangkan untuk Mikroblogging kita hanya bisa meng-update status saja atau menceritakan apa yang sedang kita alami dalam karakter yang sedikit (biasanya 140) dan fiturnya tidak banyak.

3.Efisiensi :

Jejaring Sosial biasanya lebih banyak memiliki fitur seperti pesan langsung atau tidak langsung,chat online,permainan, grup,dan sebagainya. Sedangkan Mikroblogging biasanya fiturnya tidak banyak karena memang konsepnya yang Mikro. Jadi itu tergantung kita ingin memanfaatkan yang mana untuk kebutuhan kita.

Mungkin itu saja yang dapat saya bandingkan antara Jejaring Sosial dan Mikroblogging karena tidak mungkin saya tulis semua perbedaanya. Namun dari hasil pengamatan saya sekarang sudah mulai Jejaring Sosial yang memiliki konsep Mikroblogging begitu juga sebaliknya. Contoh situs jejaring sosial Facebook membuat konsep Mikroblogging yaitu Facebook Lite dan contoh situs Mikroblogging yang memiliki konsep jejaring sosial yaitu Plurk (fitur komen status,upload foto,friend request,dll).

Menurut saya kedua jenis situs ini wajib untuk kita miliki. Jejaring sosial kita gunakan untuk tetap berhubungan dengan teman dan mencari teman, sedangkan Mikroblogging kita gunakan untuk sekedar mencurahkan isi hati atau pikiran kita kepada dunia. Tentunya isi dari Update status di Mikroblogging harus yang bermanfaat jika ingin berguna jika dibaca orang lain. Untuk situs Mikroblogging yang saat ini terkenal tentu saja Twitter dan situs pendukungnya seperti TweetPhoto,TweetTube,TwitPic,TwitVideo, dsb.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !