Jumat, 23 Oktober 2009

Beberapa Tarif Internet Di Indonesia

Wah, sebetulnya Blogger payah ini belum punya layanan internet di rumah, tapi sudah sok tahu buat artikel tarif intenet. Yah, tidak apa-apa lah, saya sebetulnya juga sedang membuat perbandingan tarif internet mana yang paling murah dan bagus menurut saya. Dan hasil dari penelusuran saya tentang tarif internet di Indonesia ingin saya bagi di sini. Tapi tidak semua tarif internet dari semua Provider akan saya tulis di sini karena saya hanya menelusuri yang saya mau saja. Dan saya akan menjelaskan tarif normal saja bukan yang Bundling dengan Modem-nya. Jadi mohon maaf jika ada yang merasa artikel ini kurang lengkap. Oke, langsung saja :

1.Tarif Internet dari Indosat 3,5G :

A.Paket Unlimited :

· ISAT Medium : Up to 1Mbps – Rp 300 ribu/bulan

· ISAT Heavy : Up to 3,6 Mbps – Rp 500 ribu/bulan

· ISAT Super : Up to 7,2 Mbps – Rp 1,5 juta/bulan

B.Paket Quota :

· Eco : 500 MB – Rp 90 ribu

· Extra Light : 1,25 GB – Rp 200 ribu

· Medium : 3 GB – Rp 400 ribu

NB : Sebetulnya pengguna Indosat prabayar bisa juga mendapat Paket Internet murah yaitu Voucher GPRS 5000 Indosat yang bisa digunakan untuk ber-internet selama 250 menit dan bebas kuota dengan masa aktif 5 hari, tapi sayangnya Paket Internet ini mengecewakan (baca disini)

Sumber : http://www.indosat.com/Indosat_3.5G_Broadband

2.Tarif Internet dari Telkomsel Flash :

A.Paket Unlimited :

· Basic : Fair 500 MB/256 Kbps – Rp 125 ribu/bulan

· Advance : Fair 1 GB/512 Kbps – Rp 225 ribu/bulan

· Pro : Fair 2 GB/3,6 Mbps – Rp 400 ribu/bulan

B.Paket Time :

· Rp 30 ribu : 3 jam – masa aktif 3 hari

· Rp 100 ribu : 24 jam - masa aktif 12 hari

NB : Sekarang pengguna kartu Prabayar simPati & kartu HALO bisa juga berinternet ria dengan sistem Volume (MB) mulai dari harga Rp 1.000-Rp 400 ribu,Volume 0,5 MB – 1500 MB, dan masa aktif 1 hari – 30 hari dengan cara registrasi lewat SMS.

Sumber : http://www.telkomsel.com/web/hot_offering

3.Tarif Internet dari XL :

A.Paket Unlimited :

· Unlimited : Rp 150 ribu/bulan Up to 256 Kbps (Fair 1000 MB)

NB : Kartu perdana XL Unlimited sekitar Rp 152 ribu dan hanya sekali pendaftaran. Biasanya banyak yang membeli kartu ini lalu menjualnya bisa sampai Rp 300 ribu.

Sumber : http://josstronik.blogspot.com/2009/09/paket-xl-internet-unlimited-prabayar.html

4.Tarif Internet dari Axis :

A.Paket Super Hemat Data :

· Harian : Kuota 2 MB – masa aktif 1 hari – Rp 1.500

· Mingguan : Kuota 10 MB - masa aktif 7 hari – Rp 8.000

· Bulanan : Kuota 100 MB - masa aktif 30 hari – Rp 40 ribu

· Bulanan : Kuota 500 MB - masa aktif 30 hari – Rp 100 ribu

· Unlimited : Kuota Unlimited (Fair 5 GB) - masa aktif 30 hari – Rp 400 ribu

NB : Asiknya paket ini yaitu kita tak perlu membeli kartu khusus internet seperti Provider lainnya. Hanya beli kartu AXIS lalu registrasi sesuai paketnya melalui SMS.

Sumber : http://www.axisworld.co.id/?m=paket_super_hemat_data

Nah, itu saja beberapa tarif paket layanan internet yang bisa saya bandingkan dari beberapa Provider saja. Kalau saya lihat di atas perbandingannya, saya juga ikut bingung pilih yang mana ? Tapi saya malas untuk membeli kartu USIM khusus internet karena berarti saya juga harus beli modem 3G/3,5G/HSDPA yang mahal itu, sedangkan saya hanya punya HP GSM yang bisa dijadikan Modem. Hmmm… berarti mungkin saya pilih paket internet dari AXIS yang bulanan/Paket TelkomselFlash yang bisa harian itu karena kita tidak perlu beli kartu khusus internet yang mahal itu kan ? Hahaha… Btw, menurut saya semua paket itu sama, tapi yang sering ada keluhan biasanya Indosat IM2 dan Telkomsel Flash. Jadi hati-hati saja untuk Anda yang ingin berlangganan internet dari Provider itu. Jika Anda ingin tahu yang lain silahkan cari sendiri yah. Oke, sekarang saya akan menjelaskan paket internet dari kartu CDMA :

1.Tarif Internet dari Starone (Indosat):

A.Paket Unlimited :

· Prabayar : Rp 45.000/7 hari (Cara : NGORBIT<spasi>INTERNET kirim ke 7825)

· Pascabayar : Rp 125 ribu/bulan (Cara : Mendaftar ke galeri Indosat)

B.Paket Ngorbit :

· Prabayar 1 : Ngorbit Menitan Rp 75/menit atau Rp 1/kb

· Prabayar 2 : Ngorbit Bulanan Rp 50/menit atau Rp 1/kb

· Pascabayar 1 : 350 MB – Rp 49 ribu/bulan

· Pascabayar 2 : 1 GB – Rp 99 ribu/bulan

NB : Untuk paket yang Prabayar tentu ada cara registrasinya melalui SMS saja, sedangkan untuk Pascabayar tentu harus mendaftar ke Galeri Indosat dengan mengisi formulir

1.http://www.indosat.com/Starone/StarOne_Up_Date/StarOne_Unlimited

2.http://www.indosat.com/Starone/StarOne_Up_Date/Paket_Internet_StarOne_Ngorbit

3.http://www.indosat.com/Starone/StarOne_Up_Date/StarOne_Internet (Cara registrasi)

2.Tarif Internet dari Smart Telecom :

A.Jenis Paket Unlimited :

· Reguler : Up to 153,6 Kbps : Rp 3.000/hari-Rp 15ribu/mgg-Rp 45ribu/bln

· Silver : Up to 512 Kbps : Rp 5.000/hari-Rp 25ribu/mgg-Rp 75ribu/bln-Rp 400ribu/6bln

· Gold : Up to 1024 Kbps : Rp 8.000/hari-Rp 40ribu/mgg-Rp 120ribu/bln-Rp 650ribu/6bln

· Platinum : Up to 3,1 Mbps : Rp 10ribu/hari-Rp50 ribu/mgg-Rp 150ribu/bln-Rp 800ribu/6bln

· Ultimate* : Up to 3,1 Mbps : Rp 15ribu/hari-Rp75 ribu/mgg-Rp 225ribu/bln-Rp 1,2juta/6bln

NB : SMART ini menggunakan teknologi CDMA EVDO Rev.A yang setingkat di atas CDMA 2000 1x yang biasa. Dan juga SMART menggunakan Frekuensi 1900 MHz, tidak seperti CDMA lain yang ada pada Frekuensi 800 Mhz. Oleh karena itu Modem CDMA External rata-rata Frekuensi 800 Mhz. Jadi modem ini tidak bisa dipasang dengan kartu CDMA dari SMART karena beda Frekuensi. Oleh karena itu solusinya adalah Anda harus membeli Modem CDMA External Frekuensi 1900 Mhz (Contoh : Modem ZTE AC2726 sekitar Rp 900 ribu-an). Sedangkan untuk HP CDMA yang Dual Band 800 Mhz/1900 Mhz sebaiknya Anda jangan beli yang jenis Haier (Bundling dari SMART) karena aksesnya jadi lelet, tapi belilah HP CDMA yang dari Nokia karena aksesnya lebih cepat,tapi tetap saja kecepatan internet HP CDMA itu maksimal 153,6 Kbps. Jadi jika Anda hanya punya HP CDMA sebagai Modem Internet, maka Anda hanya bisa yang berlangganan Paket Reguler dari SMART. Up to you…

Sumber : http://www.smart-telecom.co.id/index.php?module=content&method=detail&id=77

Untuk paket Internet CDMA dari Fren,Esia, dan Flexi saya tidak berniat menulisnya karena dari hasil penelusuran saya katanya Internet dari Fren itu lelet dan tidak bisa membuka beberapa situs termasuk “situs lelaki” karena alasan Edukasi, sedangkan Esia katanya mahal Rp 6/Kb, dan untuk Flexi saya berani jamin tidak akan puas, walaupun katanya sudah ada Flexinet Unlimited. Tapi saya tetap tidak percaya dengan layanan Internet dari Telkom yang murah-murah. Oke, sekian saja hasil penelusuran saya tentang tarif Internet di Indonesia. *Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Update :

Setelah lama berpikir, akhirnya Saya berniat untuk berlangganan yang paket Unlimited 100/bln saja, Saya memilih Paket SMART yang SILVER karena Unlimited 512kbps harga 75rb/bln, daripada Telkomflash Unlimited 256kbps harga 125rb/bln. Saya tidak tertarik dengan yang lain, coba Anda perhatikan lagi tarif Internet 3G yang saya tulis. (Mungkin kalau Matrix Broadband Unlimited yang 256kbps harga 100rb/bln masih ada, saya akan memilih itu).

Saya pilih Internet CDMA karena lebih murah dari 3G dan saya mau pakai modem CDMA USB saja (bukan dari Handphone). Kalau dari handphone saya lebih memilih HP CDMA saja terus langganan yang Unlimited 153kbps harga 50rb/bln dari SMART. Kalau tidak HP Haier D1200 P harga 250ribu-an (bundling dari SMART) atau Nokia 1508i (HP CDMA paling murah tapi bergengsi)<-Kita bisa pilih Internet CDMA dari SMART,STARONE,atau TELKOM.

Tapi saya lebih memilih HP Haier D1200 P saja karena paket Internet CDMA yang paling bagus dan murah itu cuma SMART dan tidak merasa terlalu rugi jika HP-nya rusak (masalah baterai contohnya). Menurut pengalaman teman saya, dia mendapat 2 baterai ketika membeli Haier D1200 P dan merasa puas berlangganan SMART. (Bukan berarti saya mempromosikan SMART)

Saya tidak memilih HP CDMA karena hanya 153 kbps dan tidak cocok untuk download karena akan lama sekali. Ini saya buktikan ketika menggunakan layanan Internet dari GSM yang juga hanya 153 kbps. Download 10 MB saja bisa memakan waktu 1 jam

Kesimpulan saya pribadi kalau Anda sama seperti saya yang hanya bermodal sedikit, sebaiknya kita pakai yang murah-murah saja (mulai dari modem sampai paket internet-nya). Kalau untuk masalah kepuasaan (dalam hal ini), saya percaya SMART akan lebih baik dari Telkomflash karena saya sudah baca di forum-forum. However, tidak ada layanan Internet di Indonesia yang 100% puas (menurut teman-teman,keluarga,dan forum). Terima kasih

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

7 komentar:

Vanzoel mengatakan...

Update : ada yg review Telkomflexinet unlimited di Update : ada yg review Telkomflexinet unlimited di http://pupungbp.erastica.com/internet/setting-dan-review-flexi-net-unlimited/ .Wah, katanya sama ky starone, lemot tp stabil. Boleh nih kayanya

and'z mengatakan...

indosat 3g mantepppp.. hihihi

Anonim mengatakan...

Iya mantep, tp bwt pelanggan indosat 3,5G yg baru udah gak bsa pake unlimit yg 100rb/bln tp yg 300rb week

Anonim mengatakan...

indoshit mahal+lemot+pk qouta :-/
flash hrsnya dignti jd flelet krn lelet+mhl+quota jg :-(
xl forget it! si jago tipu ini mah!
starone aplg nih?! :-o
fren kudu bgn lbh byk tower dulu dah!
jd krn pintar gw pilih si"pintar"! dah pake 1thn lbh hslnya nyesplong! hebat-hemat! :-)

Anonim mengatakan...

buat sekarang xl yang paling mantap untuk internetan,selain murah kuota besar akses cepat,,,,:) zzzzzzzzzzzzzzzt,,,,yg lain ketinggalan
xl on the top deh
gak sama dengan telkomsel sudah mahal kuota kecil akses lamban lagi :P

Anonim mengatakan...

BETUL SEKALI, BERBEDA JAUH DENGAN NEGARA-NEGARA DI EROPA DAN AMERIKA YANG TARAF HIDUP PENDUDUKNYA LEBIH MAPAN, JUSTRU MENDAPATKAN LAYANAN INTERNET YANG MURAH BAHKAN KEBANYAKAN GRATIS KARENA JARINGAN WI-FI YANG HAMPIR BISA DITEMUI DI SETIAP TEMPAT. TAPI KENAPA DI INDONESIA YANG 90% RAKYATNYA MASIH HIDUP DALAM KESEDERHANAAN DAN KEMISKINAN MALAH DICEKIK OLEH FIR'AUN - FIR'AUN YANG SELALU BERSUKA CITA DI ATAS PENDERITAAN ORANG-ORANG MISKIN.. SUNGGUH..! TERLALU...!

Harga Paket Indihome mengatakan...

Dulu Mahal Yah :(

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !