Jumat, 19 Juni 2009

Mengatasi Problem Blank Desktop



Pernah gak ngalamin hal2 seperti pada gambar ?. Wah, desktop gw blank, wah pada kemana ikonnya ?, Aduh gw mesti ngapain ? (Sekali lagi ini blog Newbie). Biasanya orang yang baru punya komputer pasti udah pada takut, keringet dingin, gemetar, bingung, gak tau mesti ngapain,dsb (Pengalaman pribadi). Yang jadi pertanyaan, kenapa sih komputer gw bisa kaya gitu ?. Jawabannya sangat banyak yang pasti ada kerusakan pada sistem operasi Anda. Gw udah 3 kali mengalami hal serupa, yang pertama karena terkena virus, yang kedua VGA Card erorr, yang ketiga gara2 install Flyakite OS X (bener2 bangsat ini program).

Nah, solusi yang gw lakukan adalah ketika komputer gw terkena virus hingga menyebabkan komputer gw erorr. Paman gw yang berada nun jauh disana hanya bisa meyuruh untuk menginstall ulang XP gw, maklum waktu itu baru beli komputer terus main masuk2in FlashDisk dari luar gak taunya kena virus. Karena program2 di komputer masih sedikit jadi gak masalah. Terus yang kedua karena VGA Card erorr, bisa dipastikan karena gw memasang gambar ukuran 2800 x 1200 yang melebihi resolusi komputer gw yang cuma 1024 x 768. Oleh karena itu sebaiknya jangan coba2 untuk memasang gambar yang ukuran resolusinya lebih besar dari ukuran resolusi komputer Anda. Dan penyebab yang ketiga karena ada kesalahan ketika menginstall suatu program seperti program sialan Flyakite OS X. Waktu itu yang terpikir di benak gw adalah menginstall ulang XP gw, tapi ternyata gw baru tau cara merepair XP tanpa perlu menginstall ulang sehingga waktu yang diperlukan lebih sedikit (Baca disini).

Tapi, sebetulnya gw udah tau kalau banyak kasus ketika menginstall Flyakite OS X banyak yang erorr. Dan karena Flyakite OS X merubah sistem file inti seperti explorer, shell32dll, mycdos.dll, dsb maka mereka menganjukan untuk membuat BackUp dulu. Jujur, sebelum gw menginstall Flyakite OS X, gw mengcopy file shell32.dll dan explorer ke suatu folder dan ternyata cara ini berhasil ketika komputer gw tiba2 erorr sepeti gambar di atas. Gw berpikir mungkin yang rusak itu explorer-nya (Gak tau juga sih). Oke, gw kasih tau aja caranya yah :

1.Cari file “explorer” yang ada di C:\WINDOWS lalu copy dan paste ke suatu folder (Misal : My Document)

Jika suatu saat komputer Anda mengalami Blank Desktop ketika Anda menyalakan komputer, lakukan cara ini (Sekali lagi ini pengalaman gw yah) :

1.Tekan tombol “Ctrl+Alt+Delete” untuk memunculkan “Task Manager”

2.Pilih “File” lalu pilih “New Task” lalu klik tombol “Browse” maka akan muncul kotak pencarian file

3.Cari file “explorer” yang sudah Anda simpan tadi (Misal : My Document) lalu copy (Tekan Ctrl+C) dan paste (Tekan Ctrl+V) ke C:\WINDOWS. Jadi nge-replace gitu loh

4.Jika tidak bisa nge-replace, maka Anda ubah dulu nama “explorer” yang ada di C:\WINDOWS (Misal : explorer_no) lalu buang file tersebut atau di-delete

5.Lalu paste-kan file “explorer” tadi (Misal : My Document) lalu copy (Tekan Ctrl+C) dan paste (Tekan Ctrl+V) ke C:\WINDOWS kembali (Sudah bisa kan ?)

6.Jika sudah selesai lalu “restart” komputer Anda

Mudah2an cara tersebut berhasil jika komputer Anda mengalami erorr seperti tadi dan Anda juga dapat melakukan cara no.1-no.6 terhadap file “shell32.dll” yang ada di C:\WINDOWS\system32 karena ini juga file inti. Dengan cara di copy-paste dulu file “shell32.dll” ke suatu folder terus di-replace deh seperti tadi. Sebetulnya saya juga gak tau cara seperti itu benar atau tidak, tapi yang jelas cara ini berhasil mengatasi komputer saya yang tiba2 erorr tanpa harus menginstall ulang XP saya. Oh ya, sekali lagi cara untuk merepair XP silahkan (Baca disini).

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

14 komentar:

Anonim mengatakan...

gan aku udh lakuin cara itu 4x tapi nga bisa balik normal lgi blank lagi stiap aku restart kompy , aku pakai win XP gan

Anonim mengatakan...

Thank's gan
Alhamdulillah
Kembali normal desktopx

Anonim mengatakan...

I like it ωhenever peoplе get together and
share thoughts. Great wеbsite, keеp it uр!


Here is my hοmepage :: www.vapornine.com
Visit my weblog - vapornine

Anonim mengatakan...

It's the best time to make some plans for the future and it's time
to be haρpy. I've read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it!
My web site - getting more instagram followers

Anonim mengatakan...

I'm extremely pleased to uncover this page. I need to to thank you for ones time just for this fantastic read!! I definitely really liked every bit of it and i also have you bookmarked to look at new things in your website.

Here is my web page: business marketing services inc
Here is my webpage more twitter followers for free

Anonim mengatakan...

Pretty! This has been an extremely wonderful article.

Thanks for providing this info.

My web page :: zulutrade

Anonim mengatakan...

buat windows 7 bisa ngak?

Anonim mengatakan...

kayanya bisa, coba aja cari file yg dibutuhkan di foldernya tp harus win 7 yah

Lost Child mengatakan...

Sumpah gan ni thread Bikin gw lega akhirnya desktop gw balik normal lagi :D Nice Thread gan Sukses selalu

Anonim mengatakan...

aduh makasih banget :)
akhirnya bisa baik lagi
sekali lagi makasih :D

Anonim mengatakan...

Makasih bgt info nya....laptop gw akhirnya normal lgiii..

Bingo mengatakan...

Gan ane baru install theme win7 nih tapi pas restart semua file inti (explorer,task manager,dll)tuh error semua jadi gk ada yg bisa sampe save mode juga sama aja gmn fixnya gan??

Bingo mengatakan...

Gan ane baru install theme win7 nih tapi pas restart semua file inti (explorer,task manager,dll)tuh error semua jadi gk ada yg bisa sampe save mode juga sama aja gmn fixnya gan??

Unknown mengatakan...

Thank You Bro

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !