Jumat, 12 Juni 2009

Kode HTML Form Google & Post Search

Padahal kemaren gw udah menyerah dengan postingan tentang Blogging, tapi tiba2 ada aja bahannya. Kali ini gw akan memberi tahu kode HTML untuk membuat “Form Search”. Yang akan gw jelaskan ada dua “Form Search”, yaitu untuk Form Google Search dan Form Post Search. Dua2-nya berfungsi untuk mencari sesuatu yang kita cari. Kalau Form Google Search mungkin udah banyak yang tahu, tapi kalau Form Post Search gw jarang nemuin tutorialnya (Sebetulnya males nyari).

Kenapa gw mau kasih kode HTML ini ? Kalau menurut gw jika ada Form Google Search maka tampilan blog Anda akan lebih bagus jadi seperti HomePage standar Mozilla Firefox yaitu Google.com, sedangkan untuk Form Post Search akan memudahkan pengunjung Anda untuk mencari artikel atau postingan yang begitu banyak di blog Anda tentunya jika Anda sudah membuat banyak postingan. Oke, langsung aja yah :

1.Untuk kode HTML Form Google Search ala saya :

<form style="margin-bottom: 0pt;" action="http://www.google.com/custom" method="get">
<table bgcolor="#ffffff" border="0" cellpadding="0" cellspacing="0">
<tbody><tr><td nowrap="nowrap"></td>
<td nowrap="nowrap"><input maxlength="255" value="" name="q" size="25" type="text">
<input value="Cari Di Google" name="btnG" type="submit">
<input value="L:http://google.com;AH:center;GL:0;BGC:#FFFFFF;BIMG:http://google.com;LC:#0000FF;ALC:#FF0000;VLC:#006600;" name="cof" type="hidden">
</td></tr></tbody></table></form>

NB : Tulisan warna merah ganti dengan kata2 lain sesuka Anda

2.Untuk kode HTML Form Post Search ala saya :

<h4>Masukkan Kata Ke Kotak !</h4>
<p align="center">
<form action="http://ngasahpisau.blogspot.com/search/" class="searchform" method="get">
<input class="textbox" name="q" type="text">
<input class="button" name="search" value="Lalu Klik Di Sini" type="submit">
</p></form>
<h4>Atau <a href="http://www.ngasahpisau.blogspot.com/search?max-results=9999">Tampilkan Semuanya !</a></h4>

NB : Tulisan warna merah (Alamat Blog) ganti dengan alamat blog Anda, sedangkan tulisan warna biru ganti dengan kata2 lain sesuka Anda.

Nah, abis itu masukkan deh salah satu kode HTML yang Anda mau ke blog Anda dengan cara pilih “Pengaturan-Elemen Halaman-Tambah Gadget-HTML/JavaScript” lalu paste deh kode HTML tadi (Udah tau dong caranya). Hasil review gw kalau Form Google Search hanya bisa mencari “Web” jadi tidak ada pilihan cari “Gambar”,”Direktori”, atau “Group” seperti HomePage Mozilla Firefox. Kalau untuk Form Post Search selain fungsinya untuk mempermudah pegunjung blog Anda untuk mencari artikel Anda juga untuk menampilkan semua postingan Anda. Sebetulnya kedua “Form Search” ini bisa di modifikasi dengan CSS Style tapi nanti malah bikin ribet karena harus lewat Edit HTML. Ya sudahlah mudah2an kode HTML ini berguna buat Anda.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

1 komentar:

obatherbal99 mengatakan...

hebat si gan nih, bikin code sendri, salut aku

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !