Jumat, 23 Januari 2009

Rekam Lagu Lewat Radio

MAU DAPAT LAGU2 BARU TAPI GRATIS ???

Gw teringat kembali waktu gw SMA melakukan pembajakan lagu2 baru alias mp3. Temen gw banyak yang mesen lagu sampe gw kenal salah satu cewek cantik di sekolah gw gara2 gw jualan mp3. Malesnya jualan mp3 yaitu lo harus beli kaset2 mp3 sebanyak2nya. Tapi sekarang gw sadar kalo itu salah. Om gw kerja di PT. Aquarius Musikindo sbg technical editor gitu deh. Gw pernah kerja ama dia. Kerjanya cuma download2 program edit suara, nyari plug-in dari sofwarenya, ngerubah soundcard-nya, test drive sofware and hardware-nya, and bonusnya gw dpt lagu baru dari band2 ternama kaya GIGI,SLANK,BARON,DEWA,dll tp ama Om gw gak boleh dibajak (Sialan, tw aja Si Om).
Btw gw inget ada cara buat ngerekam suara dari radio. Berarti kita gak usah lagi beli2 kaset mp3 atau download dari internet (hati2 virus). Buat yang belom tahu nih gw kasih tau caranya. Tapi sorry cara kuno, namanya juga blogger cemen. Begini ceritanya (jeng….jeng….jeng….)

Untuk Komputer PC :
1.Siapkan komputer PC secukupnya.
2.Sudah ada sound card yg ada lubang (line in,line out, & microfone).
3.Siapkan radio tape/walkman/i-pod yg ada radionya/ radio apa aja lah.
4.Lalu sebuah Kabel Jack yg kedua ujungnya sama2 Male.

Cara untuk mulai merekam :
1.Nyalakan komputer.
2.Nyalakan radio (jgn keras2, ntar tetangga marah).
3.Atur volume radio (tp test dengan headset).
4.Colokkan kabel Jack ke lubang headset di radio.
5.Ujung kabel Jack yg lain dicolok ke line in pada sound card.
6.Perhatikan kotak dialog pada komputer. Apa sambungan cocok ?
7.Jika ya, maka bisa mulai merekam dgn aplikasi “sound recorder”.
NB : Untuk merekam dari “sound recorder” pada kotak “line in” harus diberi tanda centang terlebih dahulu. Pada notebook kabel Jack dicolok ke lubang microfone, karena pada notebook di sound card-nya hanya ada (Line Out,Microfone, & SPDI/F).

Btw, karena aplikasi “sound recorder“ hanya berdurasi 1 menit lalu berhenti, maka kita perlu klik tombol “record” lagi. Hal ini membuat hasil rekaman tak maksimal karena suara putus2. Untuk mengatasi hal tersebut, coba lakukan hal berikut :
1.Buka aplikasi “sound recorder”
2.Mulai merekam suara kosong sampai 1 menit
3.Setelah rekaman berhenti, klik tmbol “rec” lagi (Mis : 5x klik “rec”. Berarti durasi 5 menit)
4.Setelah selesai merekam lalu “save” dan “OK”
Balik lagi ke topik, untuk merekam dari radio lakukan langkah diatas, setelah semua kabel terpasang, dites kalau suara radio tak kresek2 alias jernih, dan ketika terdengar di komputer suaranya bagus. Lalu lakukan langkah berikut :
1.Buka aplikasi “sound recorder”.
2.Buka file kosong tadi yg 5 menit. (Lebih bagus jika dibuat 1 jam).
3.Mulai merekam, klik “rec”.
4.Jika sudah selesai bisa dipilih “Save” atau “Save As”.
NB : Jika dari notebook harus dites dulu suara di radio bagus atau tidak. Btw, untuk memudahkan pengeditan suara download aja software adobe audition di www.brothersoft.com

“Selamat Mencolok2 Kabel”

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

3 komentar:

Anton mengatakan...

Wah ribet banget tutorialnya. Tapi oke juga.
BTW ada cara yang lebih mudah lagi sih tinggal gunakan google ketik keywordnya misalnya judul lagunya. jreng..jreng. banyak kok yg tampil.

Van mengatakan...

Tapi cara ini cukup efektif ketika saya mau mengerjakan tugas sekolah, saya tinggal rekam aja trus diputar ulang deh. Skrg saya pakai radio dr HP SE karena di headset nya ada colokkan Jack male n femalenya, jd lebih efisien. hahaha

Anonim mengatakan...

saya setuju akan saya coba

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !