Jumat, 23 Oktober 2009

Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Dengan Power Baterai

Saya punya masalah dengan Baterai Laptop saya, saya membeli Laptop baru sekitar Desember 2008, tapi sekitar Oktober 2009 sudah mengalami kerusakan, namun bukan kerusakan secara fisik, tapi saya rasa itu kerusakan Power Management yang ada di Baterai saya. Jadi Baterai Laptop saya masih bisa di-charger secara normal sampai penuh dan anehnya biasanya ketika Baterai sudah 10%, langsung mengeluarkan bunyi tanda peringatan Baterai mau habis, tapi ini ketika 20% saja sudah bunyi. Padahal saya tidak pernah merubah settingan Power Options di Control Panel. Berarti sudah jelas yang rusak adalah Power Management yang ada di Baterai saya.

Dan sekarang Laptop saya tidak bisa dinyalakan dengan Power Baterai. Jadi harus dipancing dulu dengan Charger Listrik,nyalakan Laptop,matikan Charger Listrik, dan barulah Laptop saya bisa berjalan dengan Baterai saja. Tentu saja saya jadi tidak bisa membawa Laptop saya kemanapun tanpa membawa kabel Charger Listrik. Saya sempat berpikir hal ini membuat Laptop saya tidak menjadi barang yang efisien lagi. Lalu saya melihat buku panduan saya jika ada masalah Laptop tidak bisa dinyalakan dengan Power Baterai, yaitu :

1.Periksa Power Management di Windows apa ada Software atau Hardware Anda yang mengambil daya dari Baterai dalam keadaan mati ?

2.Apakah Laptop di set untuk mati secara otomatis ?

3.Apakah ada daya dalam Baterai Anda ?

Kira-kira itulah yang harus Anda perhatikan, biasanya jika Baterai sudah lemah atau sekitar 10% maka Laptop tidak mau menyala. Biasanya itu jika kita memilih Power Schemes=Portable/Laptop di Power Options yang ada di Control Panel. Saya sudah memeriksa ketiga pertanyaan tadi dan semuanya tidak ada yang berhubungan dengan penyebab kerusakkan Laptop saya. Maksudnya :

1.Saya tidak punya perangkat Hardware/Software yang mengambil daya Baterai dalam keadaan mati dan sampai habis

2.Laptop saya tidak di-set mati secara otomatis. Saya memilih Power Schemes=Portable/Laptop di Power Options yang ada di Control Panel.

3.Saya mempunyai daya Baterai Laptop penuh/100%

Tapi masalah yang terjadi adalah Laptop saya tetap tidak mau menyala. Saya sempat bingung yang rusak Baterai-nya atau Laptop-nya ? Baterai sudah penuh tetapi Laptop tidak mau menyala dengan Power Baterai. Akhirnya saya baru mengerti kalau yang rusak adalah Power Management di Laptop saya. Ini terjadi karena Baterai sudah menunjukkan tanda penuh 100% tapi tidak mau menyala dan ketika sudah 20%, Laptop sudah lemah dan mengeluarkan Alarm Baterai Kritis yang biasanya tidak pernah terjadi. Jadi apa yang harus Anda lakukan :

1.Pastikan Baterai terpasang di Laptop dengan benar

2.Lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda

3.Nyalakan Laptop dengan Power Baterai. Tidak bisa ? Lakukan langkah di bawah ini :

4.Colokkan Charger Listrik ke Laptop Anda

5.Isi Baterai sampai penuh tapi dalam keadaan Laptop sedang mati dan jangan dalam keadaan Laptop sedang dilipat/ditutup (Biasanya ada lampu indikator di Laptop Anda yang menunjukkan isi dari Baterai)

6.Jika Baterai sudah penuh, lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda lalu nyalakan kembali Laptop Anda dengan Power Baterai. Tidak bisa juga ?

7.Colokkan Charger Listrik ke Laptop Anda lalu nyalakan Laptop Anda. Pasti Laptop Anda bisa menyala kan ?

8.Sekarang cabut Charger Listrik dari Laptop Anda (Inilah yang saya maksud dengan menyalakan Laptop dengan Power Baterai tapi dengan memancingnya terlebih dahulu dengan Charger Listrik)

9.Sekarang biarkan Laptop Anda menyala sampai daya Baterai benar-benar habis dan Laptop Anda mati dengan sendirinya

10.Jika Baterai sudah habis dan Laptop sudah mati, sekarang Anda ulangi (langkah no.4 & 5)

11.Jika Baterai sudah penuh, lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda lalu nyalakan kembali Laptop Anda dengan Power Baterai. Berhasil kah ? Selamat !!!!!

Nah, itu adalah langkah yang saya lakukan ketika Baterai saya mengalami kerusakan Power Management. Jika langkah ini tidak berhasil sebaiknya Anda ulangi (langkah no.4 - 11) sampai 3 kali dan jika berhasil lakukanlah (langkah no.4 - 11) selama 3 kali juga.Kenapa harus 3 kali ? Karena sebetulnya ini adalah langkah yang harus kita lakukan ketika mempunyai Baterai baru atau ketika membeli Laptop baru. Sebetulnya ini juga langkah sama yang dilakukan ketika kita membeli HandPhone baru kan ? Dan ternyata memang benar kalau Power Management di Baterai saya sudah rusak karena daya Baterai 20% saja sudah mengeluarkan peringatan Baterai Kritis. Kalau tidak berhasil juga berarti langkah terakhir adalah tempat Service Komputer.

Saya sempat heran akan hal ini, akhirnya saya teringat petunjuk dari buku Panduan kalau kita harus menghabiskan daya Baterai sampai benar-benar habis. Itulah ternyata kebiasaan buruk saya yang selalu mematikan Laptop ketika Baterai sudah kritis dan langsung menyalakannya dengan Charger. Hal ini membuat Baterai saya jadi tidak awet dalam hal pengisian yang optimal. Dan ketika saya melihat buku Panduan kalau kondisi Baterai yang ideal itu cuma mencapai 1 tahun, saya langsung kaget karena teman saya punya Laptop yang murah tapi Baterai-nya bisa bertahan lebih dari 2 tahun lebih. Kenapa ? Ternyata ia punya trik khusus dalam merawat Baterai Laptop-nya. Untuk trik merawat Baterai Laptop sebaiknya Anda baca postingan saya selanjutnya. OKE

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

68 komentar:

Anonim mengatakan...

saya coba ya..coz saya mengaalami hal yang sama juga..do'akan laptop ku yo

Anonim mengatakan...

Yah, dan akhirnya batere saya rusak lalu di garansi deh.

Anonim mengatakan...

udah coba 3 kali tetep aja g berhasil... :(

Anonim mengatakan...

Makasih artikelnya om...saya berhasil mencobanya akhirnya notebook saya normal kembali...hee..:)

Admin mengatakan...

Om, laptop saya jika dicharger menyala tetapi ketika charger dilepas laptpny ikut mati. tolong banget bantuanya?

Anonim mengatakan...

kalo pas di charger batere ikut ke charge trus pas di lepas laptop langsung mati berarti baterenya erorr. Mendingan lagngung cek aja ke Service nya

Anonim mengatakan...

uda saya coba. tp belum tau berhasij

Districk Restu mengatakan...

thx,,,atas ilmunya smoga bermanfaat, dan bisa nih, hhe..

Mas MUNGKAR mengatakan...

nice info bosss aku mau coba di laptopku juga

Anonim mengatakan...

periksa dulu tegangan di resistor IC power.
jika tegangan setrum berlebih pada resistor menuju ke IC power maka jelas IC power menjadi bermasallah, akhirnya kinerja IC power jadi tidak optimal.
bisa jadi carger dicabut laptop langsung mati
bisa jadi laptop menyala tapi harus dengan charger

Rinaldhy A mengatakan...

doakan saya okee...saya juga mengalami percis seperti hal yang di atas..semoga laptop saya kembali normal kembali...hehe:)

IFA mengatakan...

Laptop saya juga pernah tidak menyala dengan power baterai. Setelah saya coba langkah di atas, tetap tidak berhasil. Kemudian baterai laptop saya lepas, saya bungkus dg plastik & ditaruh di dlm tas. Saya memakai laptop dg tenaga listrik. Setelah 2 hari saya pasang lagi baterai pada laptop. Kemudian laptop saya nyalakan, dan tetap tidak bisa.
Lalu saya charge laptop dg keadaan laptop menyala dan saya gunakan untuk mengetik. saya lihat persen baterai meningkat (sebelumnya persen baterai tetap 0% walauypun laptop dicharge). Wah, smg ini pertanda baik. Setelah 100%, saya lepas chargernya dan laptop tetap menyala. Alhamdulillah akhirnya baterai laptop saya berfungsi seperti semula

Anonim mengatakan...

laptop compaq cq42 baterai indikatornya kedap-kedip gak ada tegangan masuk, dan keluar tulisan "smart AC adapter is running too slow". mohon solusinya...?

Anonim mengatakan...

coba ganti adapternya/chatgermya

widhy mengatakan...

saya coba dulu gan, terimaksih informasinya

Anonim mengatakan...

Gan, laptop saya tidak bisa menyala lagi jika tidak digunakan sekitar 6 hari (batre habis). padahal pada saat terakhir digunakan batre dalam kondisi full 100%. Apakah ada masalah dalam batre ato power management nya ya gan?? mohon bantuannya..

Anonim mengatakan...

Artikel yang sangat berguna,
thanks.

bongkardong.blogspot.com mengatakan...

saya coba ya gankebetulan ada pasien kaya gini juga nih

Kadim Saja mengatakan...

Masalah saya indikator batre hanya sampai di 20% dan laptop tdk mau nyala kalau tdk tersambung ke listrik. Apa yg salah dg laptop sy, kemudian bgm cara menormalkannya kembali? Thanks atas bantuannya

Anonim mengatakan...

boss mohon batuannya ..
laptop saya baru 5 bln nih,,,
problem nya saat d carger indikator batre tetep tidak naik, TETEP 56% .
dan anehnya saat carger saya lepas,, kondisi laptop langsung mati .

saya coba pake power batre tidak mau menyalah..
tetapi klo cargernya pasang dia mau menyalah,
tetp kondisi batrry dlm 56%. TIDAK PRNH TURUN N TIDAK PERNAH NAIK,

mohon bantuanya

Anonim mengatakan...

Kalo batre udah lama pasti gak mau ngecas, maunya pake charger baru nyala.

Kalo baru 5 bln bawa aja ke t4 garansi mas. Kalo beli seken saya rasa masalah ada di batre yg udah soak. mesti ganti baru

ismail mengatakan...

ini di ces kok g bisa penuh2 yha

3Gmata mengatakan...

sama dgn punyaku. Klw gk pake listrik, monitor nyala. Nanti pake listrik baru nyala. Gimana donk, please master....

febrylex89 mengatakan...

gan bs bantu gak.laptop ane merek hp win 7 , batere 0% dicas mengisi tp gak naik naik tetep 0%. padahal dah dua jam.pas cas dicabut laptopnya langsung mati,laptop ane hampir 1,5thn

Tito Gaul mengatakan...

kalau d lampu charger'y nyala tpi klau d pakai ngecas gak bisa masuk tu apa'y yg rusak..laptop/charger??
thanks

Redaksi www.akbarnews.com mengatakan...

Salamm kenal sebelumnya bro. Tolong bantuannya bro, kami mengalami hal serupa. Laptop kami di kantor merk Compaq Core i3 tiba tiba nggak bisa nyala, padahal sehari sebelumnya bisa.

Indikator lamp charger yang terhubung dengan listrik pada laptop kedip-kedip terus. Ketika tombol power untuk menyalakan laptop ditekan, tidak ada respon sama sekali. Komputer tidak menyala. Padahal, sebagaimana kami jelaskan, bahwa laptop sudah terhunung ke listrik.

Kami kemudian coba melepas baterai, rupanya tetap tidak ada perubahan. Tetap tidak mau nyala. Masih dengan charger yang terhunung dengan baik ke saluran listrik.

Terima kasih sekali atas bantuannya.

Anonim mengatakan...

MANTAP, MANTAP, MANTAP TENAN...!!!

Ian D-Aries mengatakan...

kren... smoga lebih bnyak yg membaca artikel ini, gan..!
konsul dikit gan
ane punya laptop gan, toshiba C800, kasusnya sama kyak punya agan, tp laptop ane, pas dilepas chargernya, laptop malah langsung mati gan..? apa bener bateray-nya yg udah gak layak gan? saya udh coba cabut charger pake 3 metode : saya cabut charger pas Laptop masih nyala saat laptop sudah masuk di bios, Safe Mode, apa lg pas udah masuk Windows.... laptop tetap aja mati saat Charger-nya dicabut...
hrap solusinya gan...

Anonim mengatakan...

asd

Anonim mengatakan...

saya ada masalah mengenai leptop saya,leptop saya merek Axio masalahnya leptop tersebut mati tiba-iba dan tidak bisa nala lagi,ini apa yang menyebabkan sehingga terjadinya masalah ini,,,,,,tolong bantuin saya...............................

Anonim mengatakan...

leptop saya ini baru kali ini terjadi masalah seperti ini,masalahnya leptop mati tiba-tiba lalu tidak bisa nyala lagi tetapi kita chas atau charger lampunya nyala....leptop merek axio

Agil Ariebowo mengatakan...

Permisi mas..saya ada problem mirip..merk toshiba nb305
1.laptop pakai carger,bisa nyala tp baterai tidak terisi..ttp 0% dan indikator charge mati..jd hny bisa nyala pkai PLN..saya punya kesimpulan..nih pasti baterainya rusak...akhirnya sy beli btri ori.

2.sy beli btre, coba charge indikator charge nyala..n baterai baru terisi, dr 50% ke 100%...nah tp setelah konektor charger sy cabut..laptop lngsung mati..dan hanya bisa nyala via charger..padahal btrsi baru bisa nyala..itu apa ya sebabnya..apa konektor laptop ke baterainya yg bermasalah...e..

Anonim mengatakan...

sama persih gan ane jg punya laptop toshiba batreinya gak bisa nyimpan setrum tolong solusinya gan

Anonim mengatakan...

ALHAMDULILLAH... BERHASIL GAN.
JAZAKUMULLAH AKHSANAL JAZA'
AMIN...

Erna Indriyani mengatakan...

laptop saya acer.. kasusnya seperti yang ada diatas, pemakaian harus sambil di charge, charger dicabut laptop lngsung mati, tapi lampu pengisi batere kadang mati, kadang kedip-kedip dan kadang 100%. saat 100% saya coba mencabut charger ternyata tetep mati, gmna solusinya? apakah batere saya yang rusak?

Anonim mengatakan...

punya ane kalo d charger bisa nyala tp kalo d lepas lngsung mati, tapi cuma layarnya, gmana y?

Anonim mengatakan...

laptop ane pas dicharge indikatornya 0% dan tidak mau naik2 solusinya apa ya....

churyna ramadhany mengatakan...

Laptop saya toshiba.
Ketika saya mengecharge nya ternyata tidak dapat tersambung . Lampu di bagian chargenya pun tidak menyala ..
Sdangkan stopkontak yang saya gunakan telah terhubung ke aliran listrik .
Tolong solusinya ..

Jiwa Iklan mengatakan...


video mesum kyai haji streaming


Video Mesum PNS Streaming


Video Mesum Mahasiswi 2015 Streaming


Video Mesum pns banten Streaming


Video Anak Ingusan (Tahun 2000) Streaming


Video Mesum pelajar bekasi Streaming


Video Mesum ABG SMP gunungkidul Streaming


Bandung Lautan Asmara (Tahun 2001) Streaming


Video Casting Sabun (Tahun 2002) streaming


Video Kamar Mandi Artis (Tahun 2003) Streaming


Belum Ada Judul (Tahun 2005) Streaming


video mesum sma bekasi streaming


Video Mesum Anak Ciwaru Streaming


Video Anggota DPR (Tahun 2006) Streaming


Video Skandal sex Tiger Woods Streaming


Video Ariel (Tahun 2010) streaming


Video PNS Bandung (Tahun 2014) Streaming


Video Mesum smpn 4 Streaming


Video Mesum anggota dewan Streaming


Video mesum nelayan dengan abg streaming


Video Silvio Berlusconi Prime Minester of Italia with prostitution Streaming


Video Mesum guru SD Streaming


Video mesum belum ada judul streaming


Video Mesum sukoharjo Streaming


Video Mesum warnet Streaming


Video Mesum Itenas Membara Streaming


Video Mesum siswi sma gowa Streaming

fadhila khansa mengatakan...

kalo punya saya tidak bisa nyala tanpa charger. begitu di charge, baterai akan selalu 0% tanpa ada peningkatan walaupun sudah di charge selama apapun. dan begitu charge nya dilepas, pasti langsung mati,, nah itu kenapa ya?? tolong dijawab ya, makasih :)

yoyo handoko mengatakan...

mohon bantun dok..saya punya laptop aspire 4830, umur laptop sudah 4 tahun, terakhir saya pakai proses charger dan daya tahan masih normal (tdk drop), sekitar 2 minggu yang lalu sy ingin bekerja, setelah saya buka laptop tdk ada respon, setelah itu saya charger dan saya hidupkan ternyata bootingnya normal, tp setelah saya perhatikan ternyata, lampu indikator charger berkedip dan sy arahkan cursor ternyata tulisannya plugged in, not charging, tp tidak ada tanda silang pada icon baterai, mohon petunjuk apa yang harus saya lakukan?? saya sudah mencari cherger acer yang mempunyai daya yang sama tapi tetap aja begitu

karyablog mengatakan...

Gmana caranya mengetahui Software atau Hardware yang mengambil daya dari Baterai dalam keadaan mati ?

http://coba-coba777.blogspot.co.id/ mengatakan...

trimakasih gan patut di coba.
mampir juga ke http://coba-coba777.blogspot.co.id/

Rizal Pratama mengatakan...

Gimana ya om laptop saya padahal udah penuh batrai nya tapi ko gk nya la

Samuji anto mengatakan...

terimakasih gan tutornya salam sukses

Kaharuddin Mustafa mengatakan...

Mungkin bisa coba juga dgn artikel ini gan:

http://junkerkaskus.blogspot.co.id/2014/11/4-cara-mengatasi-baterai-laptop-yang.html

Lupus Saputra mengatakan...

Laptop saya tidak mau hidup klo batrai di lepas terus pake carge
Know y.ini klo di lepas cas mau nyala tapi klo di cas langsung ilang gambar nya

Anonim mengatakan...

setelah melakukan cara yang agan anjurkan akhirnya saya berhasil...
membeli batere laptop baru

Ervina Ntau mengatakan...

pc aku tak bisa nyala nanti dicarger bisa nyala,tapi ketika cargernya di lepas pcnya mati,,,knpa ya? trus batreinya gk mengisi hanya berhenti di 92%...

Govinda Aditya mengatakan...

gan.. laptop saya lampu indikatornya enyala tetapi setelah ditekan power on/off tidak bisa hidup... lalu saya cabut batrainya ... pada saat batrai dicabut lampu indikatornya tidak menyala lagi.. bagaimana solusinya .. tolong fast gan

madys 24 mengatakan...

Om mau tanya, laptop saya baterai sudah mati..kalau saya setelah sekian menit pasang laptop mati sendiri, tapi kalau baterai dilepas..laptop tetap nyala normal..ini apanya yg rusak ya?

aci chan mengatakan...

Om laptop saya kalau dicharger gak mau nyala, tapi ketika charger dilepas laptopnya bisa nyala. Ada yang tahu ini sebabnya apa?

eka arjansch mengatakan...

Bung postingannya persis sama yg saya alami.. Tapi muncul masalah lagi,, waktu mau mematikan laptop saya, itu baterainya full 100% (malah lebih).. La kalo mau nyalaiin kan saya charge dulu,, ini udah saya charge sekitar 30menit tapi gak mau nyala2.. Itu gimana solusinya???
Sebelum sebelumnya waktu saya matiin itu kondisi baterai sekitar 60-80%..

muhammad azhar muttaqin mengatakan...

Gan laptop saya, pas dicolok cas listrik langsung menyala..
Tanpa harus tekan power.
Kalau pakek batre carging tpi 0% selalu.
Kadang lampu led cas hidup dan mati.

Cesar Richard mengatakan...

Gan laptop sy kalo dicoba langkah ke8nya gak bisa langsung mati dia itu gimana ya...???

Cesar Richard mengatakan...

Gan laptop sy kalo dicoba langkah ke8nya gak bisa langsung mati dia itu gimana ya...???

eko saputra mengatakan...

Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
http://selltiket.com
Booking di SELL TIKET aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
Harga dijamin lebih murah!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di http://agenselltiket.com

Info lebih lanjut hubungi:
No handphone : 085363402103
PIN : 5C0C4F38

Krestian Hermanto mengatakan...

maaf saya mau bertanya
saya ada masalah dengan laptop saya. saat batrai di pasang laptop tidak mau menyala padahal batrai sudah 100%. nah saat carger di di pasang ke laptop, laptop bisa di nyalakan. tapi saat carger di cabut laptop langsung ikut mati seketika.
tolong minta solusinya..
terima kasih

Krestian Hermanto mengatakan...

maaf saya mau bertanya
saya ada masalah dengan laptop saya. saat batrai di pasang laptop tidak mau menyala padahal batrai sudah 100%. nah saat carger di di pasang ke laptop, laptop bisa di nyalakan. tapi saat carger di cabut laptop langsung ikut mati seketika.
tolong minta solusinya..
terima kasih

Siti Ulfah mengatakan...

Saya mau nanya laptop saya mati ditekan tombol power pun lampu gak nyala, tapi anehnya pas di charger lampu tanda chargernya nyala , solusinya apa ya?

jannatul ma'wa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sari mengatakan...

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d

neng siska mengatakan...

Masalah laptop saya, 1.Apabila d pasng dgn batrey laptop tidak menyala. 2.Di pasng tanpa batrey haya dengan cargeran saja laptop menyala normal. 3. Tpi apabila di pasang dgn batrei dan cargeran terpasang. Kondisinya menyala kurang lebih 1 menit kemudian mati.kasus sprti ini apa masalah nya. Tolong d bantu.

neng siska mengatakan...

Masalah laptop saya, 1.Apabila d pasng dgn batrey laptop tidak menyala. 2.Di pasng tanpa batrey haya dengan cargeran saja laptop menyala normal. 3. Tpi apabila di pasang dgn batrei dan cargeran terpasang. Kondisinya menyala kurang lebih 1 menit kemudian mati.kasus sprti ini apa masalah nya. Tolong d bantu.

Anonim mengatakan...

gani batere aja gan, bahaya

Eko saputra mengatakan...

Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsindonesia.co.id
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085363402103
BBM : D364EDCB

cream sari mengatakan...

punya masalah laptop axioo gak mau nyala kalau charger gak dicolokin itu kira-kira kenapa ya? terima kasih

whitening serum gold mengatakan...

terima kasih infonya.. sangat bermanfaat

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !