Jumat, 23 Oktober 2009

Jenis Modem Eksternal


Kemarin saya pernah membuat postingan tentang tarif internet di Indonesia mulai dari yang GSM,CDMA, dan 3G/3,5G/HSDPA. Dari hasil penelusuran saya itu, saya bingung untuk memeilih yang mana karena semuanya murah-murah dan bagus-bagus, tapi mungkin saya akan memilih yang tidak memerlukan kartu khusus internet dan tidak memerlukan Modem khusus 3G/CDMA. Karena saat ini saya hanya punya kartu GSM prabayar biasa dan HP GSM biasa yang bisa dijadikan Modem. Jadi saya malas kalau beli-beli lagi, namun itu untuk sementara saja. Kedepannya mungkin saya akan beli Modem khusus 3G/CDMA agar saya bisa berlangganan yang paket mahal dan akses tinggi (Sombong). Akhirnya mau tidak mau saya membuat hasil penelusuran saya tentang Modem-modem. Saya akan membuat daftar mulai dari yang bagus dan praktis untuk pengguna Laptop maupun PC. Oke ini dia hasil penelusuran saya :

1.Netbook Include Modem 3G :

Yah, sebetulnya Netbook yang sudah ada Modem 3G/HSDPA di dalamnya tentu saja membuat penggunanya tidak perlu pusing lagi akan Modem, tapi jika pengguna Netbook ini ingin menggunakan layanan internet dari CDMA tentu ia harus membeli Modem CDMA lagi. Berikut artikel yang memuat Netbook Include Modem 3G yang murah dan bagus :

· 1.Yaitu dari Acer,HP,Dell,Smart Telecom,& Elevo (baca disini)

· 2.Untuk Axioo (baca disini) Pico DJJ-715 Jet Black HSDPA

2.Modem Express Card :

Untuk Laptop saat ini slot PCMCIA sudah diganti dengan slot Express Card yang bentuknya lebih kecil. Slot Express Card yang tersedia biasanya 34mm/54mm yang maksudnya lebar dari Express Card. Tapi kedua jenis ukuran ini sudah bisa masuk ke Laptop-laptop sekarang. Kalau untuk PC biasanya Express Card yang namanya CardBus PC Card. Modem Express Card ini sangat bagus dipasang sebagai Modem di Laptop/PC karena kita hanya perlu sekali pasang dan tidak merusak kartu USIM internet Anda serta Modem ini bisa tahan berjam-jam tanpa khawatir panas. Untuk harga Modem Express Card tentu tergantung ukuran dan merk. Dan sekarang sudah ada Express Card USB Adapter di Indonesia. Jadi jika Anda yang pengguna PC/Laptop tidak punya slot Express Card, maka Anda bisa menggunakan Express Card USB Adapter sebagai koneksinya. (Salah satu jenis yang saya tahu adalah Modem GSM/3G HSDPA Option GE0302 seharga Rp 990 ribu)

Sumber : http://www.alcnet.net/products.php?/4/19/25/851/Networking/Modem/Modem%20GSM/Modem_GSM_3G/HSDPA_Option_GE0302

3.Modem PCMCIA II :

Kartu PCMCIA (Personal Computer Memory International Associated) yang biasanya ada di Laptop-laptop lama, kalau sekarang sudah diganti Express Card. PCMCIA itu ada tiga jenis yaitu PCMCIA I tebal 3,3mm yang berfungsi sebagai Memori, PCMCIA II tebal 5,0mm yang berfungsi sebagai Modem/LAN, sedangkan PCMCIA III tebal 10,5mm yang berfungsi sebagai HardDrive ATA. Jadi yang Anda gunakan sebagai Modem internet adalah PCMCIA II. Modem ini juga bagus seperti Express Card karena sangat bagus dipasang sebagai Modem di Laptop/PC karena kita hanya perlu sekali pasang dan tidak merusak kartu USIM internet Anda serta Modem ini bisa tahan berjam-jam tanpa khawatir panas. Tapi hebatnya PCMCIA II yaitu kita bisa pasang dua kartu dari jenis GSM/CDMA, tidak seperti Express Card yang tidak bisa untuk kartu CDMA. Dan untuk masalah konektivitas bagi yang tidak punya slot PCMCIA II bisa melakukan hal berikut ini :

· Untuk PC beli PCMCIA to PCI Converter (Lihat di sini)

· Untuk Laptop/hanya punya Express Card beli Express Card to PCMCIA Adapter (lihat di sini)

· Untuk yang hanya punya USB Port beli USB Adapter for PCMCIA and CardBus (Lihat di sini)

Sumber :

· http://www.dodonet.net/modem-cdma-usb-modem-pcmcia-modem-kabel-data/

· http://ne2nkwi2t.wordpress.com/2008/04/19/pcmcia-2/

· http://raraz27.wordpress.com/2009/09/30/peralatan-koneksi-internet

· http://putrijakarta.blogspot.com/2009/03/koneksi-mobile-internet.html

· http://dyah7d.wordpress.com/2009/09/09/peralatan-koneksi-internet

NB : Bisa Anda lihat Blog mana yang cuma bisa PLAGIAT ARTIKEL !!!

4.Modem 3G/3,5G/HSDPA :

Modem ini begitu banyak dijual dan saya belum pernah menemukan keluhan tentang Modem ini tapi yang jelas saran saya sebaiknya Anda jangan langsung mencolok Modem ke PC/Laptop. Jadi Anda beli tambahan USB Kabel untuk konektivitasnya ke PC/Laptop karena dari hasil penelusuran saya, banyak yang bilang kalau Modem langsung dicolok ke PC/Laptop bisa membuat Modem cepat panas bahkan membuat USIM kartu internet Anda rusak. Hal ini terjadi karena sebagian PC/Laptop mengeluarkan panas yang berlebih. Oleh karena itu saran saya Anda belilah Modem yang menggunakan USB Kabel sebagai konektivitasnya (Contohnya : Vodavone atau Huawei E220, yang putih lonjong itu). Tapi kalau Anda mau beli yang berbentuk FlashDisk juga boleh dan sebaiknya Anda beli yang Auto-Install Driver agar Anda tidak repot menginstall driver Modem tersebut.

5.Modem CDMA :

Untuk Modem inilah saya lumayan banyak menemukan masalah. Pertama yang perlu Anda ketahui adalah sebaiknya Anda mengikuti saran saya yaitu jangan langsung mencolok Modem ke PC/Laptop, tapi belilah USB Kabel sebagai konektivitasnya, setidaknya hal ini dapat mengurangi panas pada Modem dan menghindari rusaknya kartu UIM internet Anda. Saran saya berikutnya sebaiknya Anda jangan beli Modem murah yang bundling dari Provder, berikut hasil penelusuran saya :

· Modem IVIO dari StarOne : 2 jam cepat panas dan sinyalnya lemah, tapi koneksi internetnya stabil namun agak lelet

· Modem Mobi dari Fren : Tidak bisa membuka semua situs termasuk “situs laki-laki”. Ini dikarenakan ada program Edukasi dari Fren

· Modem HP Haier dari SMART : Katanya modem ini lelet, lebih baik Anda beli HP CDMA dari Nokia, tapi bagaimanapun juga modem dari HP akan cepat membuat daya baterai habis bahkan membuat baterai itu sendiri menjadi rusak.

Sedangkan untuk Modem CDMA yang bagus salah satunya adalah SU-6530U,ZTE MG-880,ZTE Smart AC2726 (1900 Mhz),Wi-Mode (bentuk FlashDisk atau USB Kabel),dsb. Untuk mengetahui harga-harga modem murah (silahkan lihat di sini).

Untuk masalah registrasi bisa kunjungi situs Provider tersebut, tapi katanya ada beberapa Modem yang sudah diisi dengan operator CDMA di Indonesia kecuali SMART karena beda frekuensi, yaitu modem SpeedUp SU-6530U 800Mhz. Namun ada artikel yang bilang kalau semua setting modem CDMA itu sama saja (baca di sini). Kalau menurut saya modem CDMA yang murah-murah itu cepat panas dan membuat kartu RUIM bisa rusak, sedangkan jika saya menggunakan HP CDMA bisa membuat baterai cepat habis dalam 30 menit saja dan membuat baterai rusak. Jadi kalau saya pribadi mungkin saya akan beli Modem CDMA yang bukan paket Bundling dari suatu Provider dan saya akan beli yang bisa Dual Band 800Mhz/1900 Mhz dan jika terpaksa harus menggunakan HP CDMA, maka saya akan beli yang bekas saja. Saya sendiri masih bingung

Sumber :

· http://www.dodonet.net/modem-cdma-usb-modem-pcmcia-modem-kabel-data/

· http://boed-bc.blogspot.com/2009/06/modem-cdma-and-gsm-bingung-alcnet.com

· http://basukipramana.blogspot.com/2009/03/usb-modem-cdma.html

Oke, itu saja penelusuran saya tentang beberapa pilihan Modem. Kalau saya hanya punya Laptop keluaran baru yang mempunyai slot Express Card. Jadi mungkin saya akan membeli itu karena praktis hanya sekali pasang,modem tidak cepat panas, dan tidak membuat kartu USIM rusak, tapi saya juga akan membeli Modem CDMA yang murah saja (mungkin yang Rp 300 ribu-an) dan jangan lupa untuk membeli USB Kabel serta membeli antena penguat sinyal (sekitar Rp 55 ribu). Tapi saya sendiri masih bingung, ada saran ? Hehehe…

Update :

Setelah lama berpikir, akhirnya Saya berniat untuk berlangganan yang paket Unlimited 100/bln saja, Saya memilih Paket SMART yang SILVER karena Unlimited 512kbps harga 75rb/bln, daripada Telkomflash Unlimited 256kbps harga 125rb/bln. Saya tidak tertarik dengan yang lain, coba Anda perhatikan lagi tarif Internet 3G yang saya tulis. (Mungkin kalau Matrix Broadband Unlimited yang 256kbps harga 100rb/bln masih ada, saya akan memilih itu).

Saya pilih Internet CDMA karena lebih murah dari 3G dan saya mau pakai modem CDMA USB saja (bukan dari Handphone). Kalau dari handphone saya lebih memilih HP CDMA saja terus langganan yang Unlimited 153kbps harga 50rb/bln dari SMART. Kalau tidak HP Haier D1200 P harga 250ribu-an (bundling dari SMART) atau Nokia 1508i (HP CDMA paling murah tapi bergengsi)<-Kita bisa pilih Internet CDMA dari SMART,STARONE,atau TELKOM.

Tapi saya lebih memilih HP Haier D1200 P saja karena paket Internet CDMA yang paling bagus dan murah itu cuma SMART dan tidak merasa terlalu rugi jika HP-nya rusak (masalah baterai contohnya). Menurut pengalaman teman saya, dia mendapat 2 baterai ketika membeli Haier D1200 P dan merasa puas berlangganan SMART. (Bukan berarti saya mempromosikan SMART)

Saya tidak memilih HP CDMA karena hanya 153 kbps dan tidak cocok untuk download karena akan lama sekali. Ini saya buktikan ketika menggunakan layanan Internet dari GSM yang juga hanya 153 kbps. Download 10 MB saja bisa memakan waktu 1 jam

Kesimpulan saya pribadi kalau Anda sama seperti saya yang hanya bermodal sedikit, sebaiknya kita pakai yang murah-murah saja (mulai dari modem sampai paket internet-nya). Kalau untuk masalah kepuasaan (dalam hal ini), saya percaya SMART akan lebih baik dari Telkomflash karena saya sudah baca di forum-forum. However, tidak ada layanan Internet di Indonesia yang 100% puas (menurut teman-teman,keluarga,dan forum). Terima kasih

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

7 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks bro. jadi nambah ilmu neh. cuma saya bingung neh bro. aku pake smart dengan koneksi hp nokia. cuma sinyalnya lemah minta ampun. gimana caranya ya bro supaya sinyal jadi kuat? soalnya aku cari di internet kok sepertinya susah buat antenanya, sedangkan yang antena jadi kebanyakan untuk modem usb dengan slot eksternal. sementara hp nokia aku tidak ada slotnya. bantu ya bro. thanks

Anonim mengatakan...

Coba buka artikel ini http://basukipramana.blogspot.com/2009/03/usb-modem-cdma.html disitu dia menjelaskan kalau modem dia ditambah antena penguat sinyal HP seharg 50rb-an.

usb modem mengatakan...

thanks buat infonya ya.
nambah pengetahuan...

a. gunadi mengatakan...

klo express card bagus ga ya? denger2 katanya transfer datanya lebih stabil.

download film mengatakan...

Menarik artikel dan juga saya suka dengan ulasannya yg cukup menarik untuk dibaca lagipula juga sangat bagus, dan salam kenal dari mico bro, dan juga kalo ada teman2 yg suka dengan download film box office ampe setengah blue, dan kunjungi situsnya aja bro karena aku juga temukan di google hhe, dan makasi juga bro dan keep blogging dan makasi admin disini, thanks gbu laways

Benyo Cyberprotokol mengatakan...

tq share

Jiwa Iklan mengatakan...


video mesum kyai haji streaming


Video Mesum PNS Streaming


Video Mesum Mahasiswi 2015 Streaming


Video Mesum pns banten Streaming


Video Anak Ingusan (Tahun 2000) Streaming


Video Mesum pelajar bekasi Streaming


Video Mesum ABG SMP gunungkidul Streaming


Bandung Lautan Asmara (Tahun 2001) Streaming


Video Casting Sabun (Tahun 2002) streaming


Video Kamar Mandi Artis (Tahun 2003) Streaming


Belum Ada Judul (Tahun 2005) Streaming


video mesum sma bekasi streaming


Video Mesum Anak Ciwaru Streaming


Video Anggota DPR (Tahun 2006) Streaming


Video Skandal sex Tiger Woods Streaming


Video Ariel (Tahun 2010) streaming


Video PNS Bandung (Tahun 2014) Streaming


Video Mesum smpn 4 Streaming


Video Mesum anggota dewan Streaming


Video mesum nelayan dengan abg streaming


Video Silvio Berlusconi Prime Minester of Italia with prostitution Streaming


Video Mesum guru SD Streaming


Video mesum belum ada judul streaming


Video Mesum sukoharjo Streaming


Video Mesum warnet Streaming


Video Mesum Itenas Membara Streaming


Video Mesum siswi sma gowa Streaming

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !