Jumat, 12 Juni 2009

Tentang Satpol PP

Tau gak kasusnya Satpol PP yang melakukan penggrebekan yang akhirnya membuat salah satu pedagang tersiram air kuah basko yang panas yang pada akhirnya membuat ia meninggal dunia karena luka bakar dan beberapa oragan yang rusak. Gila, kejam yah Satpol PP ? Tapi itu terjadi di luar DKI Jakarta (Di Jawa Tengah kalau gak salah)

Nah, gw mau sedikit berbagi cerita tentang Satpol PP di DKI Jakarta, sebetulnya gw sempat kenal dengan beberapa orang. Dan dari semua anggota Satpol PP yang gw kenal gak ada satupun yang jahat atau punya perilaku buruk. Jujur semuanya baik dengan temannya apalagi dengan gw yang bukan anggota Satpol PP walaupun tampilan mereka sangar semua. Kok gw bisa kenal ? Waktu itu kantor gw kerja bersebelahan dengan kantor Satpol PP yang sebetulnya tiap Satpol PP ada di tiap gedung kelurahnnya masing2. Waktu itu gw kenal sama yang di Kelurahan Gelora dan Kelurahan Bendungan Hilir. Gw kenal aja semua perwiranya tapi gak berteman karena beda profesi.

Mereka baik2 kok semuanya, rasa solidaritasnya tinggi, malah kadang2 suka bagi2 makanan. Kalau gw liat mereka itu semacam PNS yah (Gak tau juga sih). Yang jelas mereka kerja dapet makanan tiap hari tapi sayangnya mereka tinggal di Posko yaitu gedung kelurahnnya masing2. Jadi mereka tidurnya dilantai atau kasur lipat. Sambil menjaga gedung kelurahannya kali yah ?. Waktu itu gw sempet tanya “Mas, masuk Satpol PP bayar gak sih ?” terus dia bilang “Ah, gak bayar kok, masuknya itu harus dites dulu, tapi tergantung bisa masuk apa enggaknya dilihat dari jumlah anggota yang dibutuhkan. Kalau lagi gak butuh yah gak ada lowongan”. Gw sebetulnya pengen masuk tapi dengan tinggi badan gw yang 172 cm dan berat 60 kg udah bisa dipastikan cungkringnya bukan main. Dan waktu gw tanya sekitar tahun 2007 mereka bilang gajinya sekitar dibawah 1 juta, tapi untuk yang perwira yah. Kalau kaptennya pasti lebih besar.

Tapi yang jelas dan yang gw tau kalau Satpol PP itu sebenernya baik dan gak jahat, mereka melakukan penggusuran kan “atasannya” yang nyuruh. Dan mereka melakukan itu berdasarkan peraturan pemerintah bukan asal2an. Tapi memang sangat disayangkan jika ada Satpol PP yang bertindak terlalu kejam dan berlebihan sampai membuat orang meninggal dunia. Bagaimanapaun juga mereka cuma manusia biasa, jadi janganlah kita selalu menghardik, menghina, atau mencaci para Satopl PP yang terkesan betindak arogan padahal mereka hanya menjalankan perintah. OK

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share