Minggu, 07 Juni 2009

Gagal Kuliah, No Problem

Tadinya gw mau masukkin artikel ini di label “Kritik” tapi berhubung banyak Cur-Col nya alias Curhat Colongan jadi gw masukkin ke label “Diari aja. Oke, kali ini gw mau bercerita gimana sih rasanya gagal jadi anak kuliahan. Dari gw lulus SMA tahun 2007 sampai sekarang gw gagal kuliah, Bo. Sebetulnya pas lulus SMA gw udah daftar di dua tempat kuliah dan dapat salah satu potongan biaya di salah satu Universitas karena waktu di tes gw dapat Grade A dan gw hampir dapat bantuan dari orang baik yang mau bantu biaya kuliah gw, gak taunya ada aja masalah di keluarga yang akhirnya membuat keluarga gw harus pindah ke rumah kontrakan baru. Tentu saja calon uang kuliah gw terpakai untuk bayar itu rumah, walhasil gw gagal kuliah. Sebetulnya bisa aja dipaksain nyari tempat kuliah lain yang murah tapi ngapain kalau jadi lulusan yang gak bermutu, betul gak ?

Akhirnya, gw sempet frustasi dan membuat gw untuk milih kerja aja dulu. Dan setelah gw kerja sekitar 5 bulan yang ada malah gw tertular virus TBC yang akhirnya membuat gw harus minum obat TBC selama 8 bulan, Damn. Dan ketika gw sakit sudah masuk tahun ajaran baru 2008, jadi gagal lagi kuliah karena gw masih sakit. Setelah sembuh dan siap2 untuk kuliah, eh tiba2 ada musibah bokap angkat gw meninggal. Ya sudah terpakai lagi uang kuliah gw buat biaya rumah sakit dan lain2. Dan karena nyokap gw sekarang jadi single parents akhirnya tabungan terpakai lagi buat biaya sehari-hari. So, gw gagal lagi kuliah dan membuat gw mantap untuk cari kerja lagi dan tidak lagi memikirkan perguruan tinggi yang gw mau banget. Tapi mudah2an ini gak membuat gw untuk tidak memilih kuliah jika suatu saat nanti gw mampu untuk kuliah. Sabar….sabar…

Mungkin memang nasib di keluarga gw gak ada yang kuliah, tapi kalau liat contoh2 dari paman2 gw yang bisa sukses berat tanpa bangku kuliah itu membuat gw iri dan gw berpikiran kalau gw bisa seperti mereka walaupun gw gak kuliah. Jadi gw lebih milih kursus aja dan terus mengasah skill gw di bidang yang gw suka yaitu IT lebih spesifik di Web Programming.

Kemarin sempet gw chatting ama AjiWW lewat YM. Pertama2 ngomongin Linux Backtrack, Web Programming, sampai masalah OS di PS3 yang bisa di hack jadi OS Linux, dan akhirnya sampai di masalah “Apakah prospek lulusan Universitas ?”. Berhubung banyak banget lulusan sarjana tiap tahun yang mencapai ratusan ribu tapi yang dibutuhkan tiap instansi pertahun hanya ribuan. Berarti banyak sarjana nganggur toh ? Tapi dari perbincangan gw ama AjiWW itu semua tergantung individualnya, ada yang sarjana tapi nganggur ada juga yang SD aja gak lulus tapi sukses berat. Ah, gak ada abisnya kalau ngomongin Individualisme. Dan si AjiWW sempet bilang kalau di kuliah dia gak terlalu dapat ilmu yang berarti karena dosen banyak ngomong doang, beda dengan ilmu yang dia dapat kalau belajar bareng temannya. Kata AjiWW ibaratnya di kampus kita cuma dikasih batang Tebu tapi air manisnya kita harus meras sendiri. Kalau menurut gw dosen yang baik itu kan ibaratnya dia udah dapat “Air manisnya” kalau gitu bagi2 dong itu “Air manisnya” jangan pelit2 ilmu atau setengah2 dalam pengabdiannya di dunia pendidikan. Gw jadi ingat guru TI di SMA yang pelit banget ama ilmunya padahal itu guru pinter banget pernah dapat beasiswa di luar negeri dan katanya temennya Roy Suryo. Gara2 dia pelit ilmu TI, gw baru bisa Web Programming sekarang, Sial.

Btw, balik lagi ke masalah gw gak kuliah dan lebih milih kursus khususnya di bidang TI. Sebetulnya gw sendiri juga gak niat kuliah, gw cuma ikutin maunya orang tua selama mereka mampu membiayai. Sebetulnya yang di tahun 2009 ini, Nyokap gw maksa kuliah tapi gw gak mau karena gw tau banget berapa pendapatan Nyokap gw yang jauh di bawah target. Akhirnya gw memutuskan untuk gak kuliah. Mungkin benar kalau kata orang “Yang bisa kuliah itu cuma orang kaya atau orang pinter”. Ya sudah lah…

Tapi kalau ngomongin masalah TI, memang akan selalu berubah tiap saat karena perkembangan TI yang cepat dan karena konsep teknologi “Speed Is Everything”. Jadi kalau masalah pembelajaran TI, gw lebih milih kursus daripada kuliah. Dari yang gw tau kalau kursus TI lebih efektif daripada kuliah TI karena materi di kursus 90% adalah praktik, beda dengan kuliah yang menggunakan kurikulum yang sudah ada. Karena dengan perkembangan teknologi yang cepat tentu tidak akan mudah merubah kurikulum yang sudah ada.

Jadi kalau menurut gw, kursus TI lebih efektif karena gampang ngikutin perkembangan. Tapi kembali lagi ke faktor SDM itu sendiri, apakah dia memiliki kemampuan analisis yang baik serta tidak mudah putus asa ? Dan apakah dia mempunyai niat dan tekad yang kuat untuk menguasi bidang TI ? Kalau liat dari kasusnya paman gw yang bekerja di bidang TI, dia kuliah TI setengah jalan tapi dia bilang “gak kepakai ilmunya”. Dan gw benar2 salut ama kesuksesan yang dia dapat sekarang karena dengan great skill yang dia punya, dia gak perlu nyari pelanggan tapi pelanggan yang nyari dia. Salut Om…

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wow luar biasa! salut...!!!!!
Kalau dr yg saya liat sih sebaiknya anda tidak perlu kuliah saja. Mengingat ortu anda single parents, dan anda sudah cukup lama tidak kuliah, toh dengan anda kursus ilmu yang didapat akan lebih aplikatif.
Sebaiknya anda kerja saja atau buka usaha, toh dengan itu anda bisa dapat duit kan? hehehe
Tapi itu terserah anda, kalau mau kuliah ya silakan(itu kalau ada duit ya...), kalau kerja juga silakan, tp sebaiknya sih tidak usah kuliah karena katanya anda juga ga niat kuliah.
Ngapain cape2 ngebelain kuliah sedangkan keuangan lg seret, toh ilmu dr kuliah sedikit yg kepake di dunia kerja sedangkan ilmu dr kursus malah yg lebih kepake, betul?
So, selamat kursus dan jadilah praktisi TI yang baik seperti pamanmu...GBU!

Jiwa Iklan mengatakan...


video mesum kyai haji streaming


Video Mesum PNS Streaming


Video Mesum Mahasiswi 2015 Streaming


Video Mesum pns banten Streaming


Video Anak Ingusan (Tahun 2000) Streaming


Video Mesum pelajar bekasi Streaming


Video Mesum ABG SMP gunungkidul Streaming


Bandung Lautan Asmara (Tahun 2001) Streaming


Video Casting Sabun (Tahun 2002) streaming


Video Kamar Mandi Artis (Tahun 2003) Streaming


Belum Ada Judul (Tahun 2005) Streaming


video mesum sma bekasi streaming


Video Mesum Anak Ciwaru Streaming


Video Anggota DPR (Tahun 2006) Streaming


Video Skandal sex Tiger Woods Streaming


Video Ariel (Tahun 2010) streaming


Video PNS Bandung (Tahun 2014) Streaming


Video Mesum smpn 4 Streaming


Video Mesum anggota dewan Streaming


Video mesum nelayan dengan abg streaming


Video Silvio Berlusconi Prime Minester of Italia with prostitution Streaming


Video Mesum guru SD Streaming


Video mesum belum ada judul streaming


Video Mesum sukoharjo Streaming


Video Mesum warnet Streaming


Video Mesum Itenas Membara Streaming


Video Mesum siswi sma gowa Streaming

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !