Jumat, 29 Mei 2009

Jajanan Murah Tapi Berbahaya

Mungkin udah banyak yang tau kali yah kalau banyak jajanan murah yang berbahaya buat kesehatan. Jajanan ini biasa ada di sekolah2 , daerah perkantoran, daerah perumahan kumuh, atau tempat lainnya. Jujur, waktu sekolah gw dan temen2 suka banget sama jajanan murah dan enak alias murah meriah, tapi setelah beberapa tahun kemudian gw baru sadar ternyata semua jajanan murah itu berbahaya. Maklumlah namanya juga anak2 pasti kurang pengetahuan.

Sebetulnya waktu jaman gw SD sudah sering diperingatkan kepala sekolah kalau ada jajanan yang gak sehat dan ada narkobanya seperti yang di kue2 Tart, tapi kayanya jaman dulu belum ada acara berita yang bisa mengungkap tabir2 penipu. Salah satu acara favorit gw adalah acara menyingkap kedok penipu yang ada di sekitar kita. Seperti Reportase Investigasi di Trans Tv, Menyingkap Tabir di TV One, dsb. Gw salut sama acara begitu karena para wartawannya hebat banget bisa menemukan sang penipu dan bisa aja membujuk sang penipu untuk mau berbagi rahasia tipuannya.

Nah, kali ini gw mau review sedikit tentang beberapa jajanan murah yang berbahaya yang sudah diketahui memiliki bahan kimia beracun, seperti :

1.Kerang goreng merah menggunakan pewarna tekstil merah

2.Bakso menggunakan borax dan formalin

3.Tahu kuning atau putih menggunakan formalin

4.Ayam tiren menggunakan formalin

5.Ikan kakap merah menggunakan pewarna tekstil warna merah

6.Bubur sumsum putih atau hijau menggunakan kapur barus dan pewarna tekstil hijau

7.Es Cincau menggunakan bedak Keong

8.Agar2 murah dan berwarna menggunakan pewarna tekstil

9.Minuman keras murah menggunakan Lotion penolak nyamuk

10.Ikan asin murah menggunakan pemutih pakaian

11.Permen/kue Tart murah menggunakan narkoba

12.Saos Sambal botolan yang ada di tukang2 bakso/mie menggunakan Cabai & Tomat busuk

13.Mie2 sachet murah atau Mie ayam menggunakan formalin

14.Susu/permen/coklat menggunakan Melamin/zat pembuat plastik

15.Dendeng sapi murah menggunakan campuran daging babi dan daging sapi

16.Bebek goreng menggunakan obat sakit kepala

17.Pemutih wajah menggunakan deterjen

Mungkin itu saja yang dapat saya beri tahu karena masih banyak lagi jajanan murah yang berbahaya. yang jelas hindari makanan murah,berwarana mencolok, serta memilki kekenyalan lebih. Memang racun dari zat kimia ini tidak memberi efek langsung yang parah tetapi akan memberi efek jangka panjang yang parah mulai dari kerusakan alat pencernaan sampai kematian. Menurut dokter, zat beracun ini akan susah dicerna oleh tubuh seperti ginjal sehingga menyebabkan kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu kita harus berhati-hati akan jajanan murah tersebut apalagi yang masih anak2 karena otaknya pasti rusak contohnya gw karena terlalu banyak makan jajanan yang mengandung zat pewarna dan formalin, Damn.

Pantas aja pedagang asongan kaya gitu gak sukses2 alias gitu2 aja, beda banget seperti pengusaha2 yang memulai karirnya sebagai pedagang asongan juga seperti yang punya Pisang Pasir, Martabak Alim, Ikan Bakar yang di dekat rel kereta Permata Hijau, dsb. Mereka berlaku jujur buat daganganya yang akhirnya membuat mereka sukses, tidak seperti para bajingan pedagang asongan sekarang yang pada gila duit daripada kesehatan konsumen.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share