Jumat, 23 Oktober 2009

Sebelum Membeli Laptop

Saat ini Laptop sudah menjadi barang umum yang paling dibutuhkan dalam era globalisasi ini dan juga sekarang sudah banyak Vendor yang memproduksi Laptop mulai dari yang harganya ratusan ribu (Netbook buatan Cina) dan yang super mahal (Notebook buatan Apple). Laptop ada dua jenis yaitu Notebook dan Netbook. Apa bedanya ? Notebook itu biasanya untuk para pemakai yang sering menggunakannya untuk pekerjaaannya, seperti para pekerja,mahasiswa,kontraktor,arsitek,DJ,dsb. Sedangkan Netbook biasanya hanya untuk orang yang sering menggunakan internet atau mobile.

Kali ini saya akan membuat postingan tentang “Apa yang harus Anda lakukan sebelum membeli Laptop”. Hal ini perlu diperhatikan sebelum Anda berkeinginan untuk punya Laptop. Saya sendiri telah mengambil keputusan yang salah dalam membeli Laptop karena tidak memikirkannya terlebih dahulu. Tadinya Laptop ini ingin saya gunakan untuk kegiatan A, tapi yang terjadi malah untuk kegiatan B. Sekarang Laptop saya ini jarang saya pakai. Mau dijual tapi malas untuk mencari pembeli,kalau dijual pasti harganya jatuh 20%-40% (tergantung kondisi), tapi kalau ada yang menawarkan untuk membeli Laptop saya, akan saya kasih. Oke, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Laptop adalah :

1.Pikirkan dahulu untuk apa Anda membeli Laptop ? Untuk pekerjaan atau untuk belajar atau hanya untuk sekedar punya Laptop saja ? Karena menurut saya sebaiknya Anda membeli sebuah Laptop yang benar-benar Anda yakin dan jangan sampai Anda berpikir untuk menjualnya. Kenapa ? Karena untuk yang “berkantong sedikit” pasti sangat merugi jika membeli Laptop standar sekitar 6 juta Rupiah, tapi ketika ingin dijual hanya laku 4-5 juta Rupiah (biasanya ketika sudah 1 tahun terpakai).

2.Pikirkan dahulu dana-nya ? Kalau Anda punya dana lebih, maka Anda tidak perlu pusing akan hal ini, tapi untuk yang punya dana sedikit sebaiknya benar-benar dipikirkan apa Anda benar-benar butuh Laptop ?

3.Pikirkan dahulu jenis Laptop-nya ? Notebook atau Netbook ? Sudah saya jelaskan di atas perbedaannya (tergantung kebutuhan)

4.Pikirkan dahulu lebar layar Laptop-nya ? Jika Anda ingin membeli Laptop untuk keperluan pekerjaan seperti desain grafis,desain website,desain animasi,dan sejenisnya sebaiknya Anda beli Laptop yang punya layar 14’ch-18’ch supaya tidak sering menggulung layar ketika bekerja. Kalau untuk sekedar pengetikan atau Ms.Office sebaiknya yang 12’ch saja sudah cukup, dan kalau untuk sekedar berinternet (pengguna Netbook) sebaiknya yang 7’ch-10’ch saja.

5.Pikirkan dahulu kapasitas penyimpanan/HardDisk-nya ? Jika Anda membeli Notebook yang berlayar lebar 14’ch-18’ch biasanya HardDisk-nya sedang sekitar 120GB-160GB (tergantung merek), jika Anda membeli yang 12’ch-14ch biasanya HardDisk-nya besar sekitar 250GB- 320GB (tergantung merek) hal ini biasa terjadi untuk menyeimbangkan harga Laptop dan agar para Vendor tetap bisa bersaing dengan yang lain. Sedangkan untuk pengguna Netbook, saya rasa tidak perlu memikirkan kapasitas HardDisk. Biasanya Netbook 10’ch sudah punya HardDisk 160GB.

6.Pikirkan dahulu jenis Processor-nya ? Jika Anda seorang animator,arsitek,DJ, dll maka Anda butuh Processor yang tinggi mulai dari T2000-an sampai T8000-an. Kalau saya tidak pedulikan DualCore,Core2Duo,atau lainnya. Yang penting Processor-nya itu “T-nya” berapa ? Makin tinggi berarti makin bagus. Sedangkan untuk Netbook biasanya hanya mendapat yang Celeron atau Atom

7.Pikirkan dahulu berapa RAM -nya ? Sekarang standar untuk Notebook biasanya RAM 1GB-2GB, sedangkan untuk Netbook RAM 512MB-1GB. Saya sendiri sempat menyesal kenapa saya tidak beli yang RAM 2GB karena ternyata saya membutuhkannya.

Kira-kira itulah yang harus Anda perhatikan selebihnya tentang WebCam,USB Port,Wi-Fi Card,Modem Internal,Express Card,Card Reader,dan DVD/CD Drive biasanya sudah ada di dalam Laptop-laptop standar. Tapi slot PCMCIA II sudah tidak ada lagi padahal itu bagus untuk modem karena bisa dua kartu yaitu GSM dan CDMA. Gantinya sekarang Slot ExpressCard 34/54 yang hanya bisa untuk Modem 3G/HSDPA, tapi ini tidak masalah karena ukuran Express Card kecil. Kalau Anda tipe orang yang mudah bosan dan berencana untuk menjual Laptop Anda, sebaiknya Anda selalu memantau perkembangan harga Laptop Anda saat masih di kisaran harga yang menguntungkan untuk dijual. Tapi kalau saya tipe orang yang setia, sekali beli berarti akan saya pakai selamanya seperti Axioo Neon MNC 016-P saya yang setia ini. Hahaha…

Oh ya, tambahan kalau Laptop sekarang murah-murah dan bagus dari yang 4-6 juta Rupiah. Makanya saya tidak mau menjual Laptop yang saya beli dengan harga 6 juta Rupiah tapi tidak sampai 1 tahun sudah turun jadi 4 juta Rupiah (maklum merek Taiwan), kecuali keluaran Apple pasti mahal sekali dan harga jualnya masih bagus. Waktu itu saya ingin punya Laptop dari Apple, tapi harganya super mahal. Cuma kalau punya dana sekitar 8 juta Rupiah kebawah mungkin bisa punya Apple, yaitu :

1.Beli MacMini 6 juta-an

2.Layar LCD 16-20’ch (1 juta-2 juta Rupiah)

3.Kabel Konektor DVI (sambungan kabel LCD ke MacMini)

4.Keyboard dan Mouse USB Port atau Wireless

Hahaha…sungguh maksa memang, tapi daripada beli MacBook,MacBook Air,MacPro,iMac,dll yang harganya masih gila-gilaan di atas 10-20 juta Rupiah. Lebih baik beli saja MacMini. Iya kan ?

Ini ada beberapa alamat situs beberapa Vendor Notebook murah dan bagus yang saya tahu :

www.axioo-shop.com,www.toko-acer.com,www.dell.com,www.hp.co.id,www.zyrex.com, www.asus.com,& www.bhinneka.com

Kalau ini ada artikel tentang Netbook 5 juta-an Rupiah yang sudah Include Modem 3G/HSDPA di dalam Laptop-nya. Jadi gak perlu lagi beli Modem 3G yang mahal itu :

1.Yaitu dari Acer,HP,Dell,Smart Telecom,& Elevo (baca disini)

2.Untuk Axioo (baca disini) Pico DJJ-715 Jet Black HSDPA

Oke, sekian saja saran yang bisa saya kasih untuk para Newbie yang ingin membeli Laptop, Apa yang harus Anda lakukan sebelum membeli Laptop, dan sedikit informasi tentang Notebook dan Netbook murah tapi bagus.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !