Kamis, 20 Agustus 2009

Konversi Video Lewat Adobe Premiere Pro 2

Gw mau bagi sedikit pengalaman tentang Adobe Premiere dalam hal mengkonversi video ke dalam beberapa format. Ini sengaja gw posting disini hanya untuk sekedar bagi pengalaman.

Sekarang gw lagi belajar Adobe Premiere yang buat edit video itu loh. Gw belajar lewat buku Hendi Hendratman “The Magic Adobe Premiere” seharga 65 ribu rupiah, bisa liat di Hendihen.com. Bukunya tebel banget tapi bahasanya asik2 jadi lo bakal gampang ngerti. Cuma ada satu yang gak dia jelasin yaitu “Cara konversi video ke dalam beberapa format”. Dia cuma jelasin cara ekspor video ke format AVI, tapi dia gak jelasin fitur konversi dari Adobe Premiere yaitu Adobe Media Encoder yang merupakan fitur konversi ke beberapa format video seperti *.MOV,*.GIF,*.FLV, dsb.

Tapi tentu Adobe Media Encoder atau File-Export-Movie tidak bisa mengkonversi ke semua format yang kita mau. Oleh karena itu dibutuhkan program konversi video seperti Total Video Converter atau Any Video Converter. Dari namanya saja berarti program itu bisa mengkonversi ke banyak jenis file video. Anda bisa mencarinya di Filehippo.com atau Brothersoft.com

Kembali ke Adobe Premiere, gw udah belajar tentang program ini. Ternyata dalam hal animasi,efek gerak, film kartun, dsb yang terpenting adalah memahami konsep Keyframe. Keyframe adalah suatu tanda yang digunakan dalam membatasi gerakan animasi. Jujur aja, kalau kita udah paham konsep Keyframe pasti gak akan sulit untuk membuat suatu animasi.

Tujuan gw belajar buat video yaitu gw mau sharing tentang pelajaran yang gw dapat. Jadi gw mau membuat video tutorial tentang pelajaran seperti Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver dsb. Seperti yang dilakukan Deke Mc Cleland terus gw sebarkan lewat Youtube.

Tapi itu sih sebetulnya cuma butuh Aplikasi Screen Recorder seperti TipCam atau Cam Studio, tapi tetap aja untuk pengeditannya butuh Aplikasi pengolah video seperti Adobe Premiere. Satu hal yang masih gw belum ngerti yaitu pengaturan setting video seperti VCD PAL, NTSC PAL, dsb. Trus pengaturan suara, bit rate, dsb. Itulah konsekuensi belajar otodidak.

Karena gw berniat untuk sharing video ke web seperti Youtube, maka file video setidaknya berjenis *.FLV. Gw sendiri baru tau caranya ketika membuat video jenis *.FLV lewat Adobe Premiere. Yaitu File-Export-Adobe Media Encoder pilih format *.FLV dan pada Video Options pilih Encoding Sorenson Spark jangan VP6 (Flash Video). Anjrit, masalah Encoding ternyata penting banget buat diketahui.

Sudahlah sekian saja cerita pengalaman gw tentang cara konversi video ke beberapa format dengan Adobe Premiere. Kabar terakhir Adobe Media Encoder gw rusak karena gw gak sengaja menghapus Common Files Adobe. Jadi gw butuh lagi tuh CD Install-an bajakan gw yang dipinjem sama temen gw 6 bulan yang lalu. Maaf kalau artikel ini gak terlalu berguna buat Anda.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks sharingnya bro.

Rahman zie mengatakan...

permisi agan-agan semua , kalau ada yang mau video tutorial adobe premiere ada disini ne gan
http://tutorialadobe.pusku.com/

Jiwa Iklan mengatakan...


video mesum kyai haji streaming


Video Mesum PNS Streaming


Video Mesum Mahasiswi 2015 Streaming


Video Mesum pns banten Streaming


Video Anak Ingusan (Tahun 2000) Streaming


Video Mesum pelajar bekasi Streaming


Video Mesum ABG SMP gunungkidul Streaming


Bandung Lautan Asmara (Tahun 2001) Streaming


Video Casting Sabun (Tahun 2002) streaming


Video Kamar Mandi Artis (Tahun 2003) Streaming


Belum Ada Judul (Tahun 2005) Streaming


video mesum sma bekasi streaming


Video Mesum Anak Ciwaru Streaming


Video Anggota DPR (Tahun 2006) Streaming


Video Skandal sex Tiger Woods Streaming


Video Ariel (Tahun 2010) streaming


Video PNS Bandung (Tahun 2014) Streaming


Video Mesum smpn 4 Streaming


Video Mesum anggota dewan Streaming


Video mesum nelayan dengan abg streaming


Video Silvio Berlusconi Prime Minester of Italia with prostitution Streaming


Video Mesum guru SD Streaming


Video mesum belum ada judul streaming


Video Mesum sukoharjo Streaming


Video Mesum warnet Streaming


Video Mesum Itenas Membara Streaming


Video Mesum siswi sma gowa Streaming

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !