Jumat, 24 Juli 2009

Cara Mengambil Gambar File AVI

Berikut gw akan menjelaskan cara mengambil gambar dari file AVI atau dari VCD atau DVD. Cobalah Anda memutar salah satu film dari DVD lalu Anda tekan tombol PrintScreen yang ada di Keyboard Anda setelah itu Anda paste-kan ke program Paint lalu Anda Save. Apa yang terjadi ? Pasti hanya akan ada gambar gelap kan ?

Nah, itulah yang membuat saya sampai sekarang masih bingung akan kecanggihan file AVI yang tidak bisa dibajak sepertinya. Yah, cara bajak film cuma copy VCD ke CD kosong lewat Nero Burn seperti biasa. Tapi ini masalah capture gambar gw baru tau caranya ternyata memang tidak bisa file AVI di capture. Ada kode2 rahasia pasti yang membuat file AVI tidak bisa di capture, tapi gw juga gak tau apakah ada program untuk meng-capture file AVI. Sebetulnya ada caranya (Baca di sini)

Tapi gw mau jelasin dengan cara gw yang goblok.. hehe. Akhirnya gw mengakali dengan program Screen Recording yaitu TipCam. Untuk lebih lengkap tentang Screen Recording (Baca di sini)

Jadi cara yang gw lakukan untuk meng-capture file video AVI adalah :

1.Download program Screen Recording TipCam

2.Jalankan program Tipcam dengan format FLV dan menyesuaikan dengan ukuran layar komputer (Anda bisa mengatur di TipCam Options-Recording)

3.Jalankan salah satu file AVI (Cth : VCD Harry Potter) dengan program pemutar film (Cth : Cyberlink Power DVD)

Setelah film dari VCD Anda sudah berjalan dan Anda sudah selesai merekamnya dengan program Screen Recording sekarang waktunya meng-capture gambar dari hasil rekaman tadi

1.Hentikan dulu VCD Anda

2.Lalu hentikan program Screen Recording TipCam

3.Putar hasil rekaman Anda yang disimpan dalam format FLV tadi atau tekan tombol “Play” yang ada di TipCam Player

4.Waktunya Capture deh. Tinggal tunggu aja di bagian mana Anda mau tekan tombol “Print Screen”

Nah, udah ngerti dong ?. Kalau Anda meng-capture nya ketika video sedang di Pause maka akan ada tanda Play di video itu. Untuk menghilangkan tanda Play itu gw edit gambar hasil capture tadi dengan program Adobe Photoshop. Hanya menggunakan teknik Clone Stamp,Cropping, dan pengaturan warna dengan Auto Contrast,Level,& Color. Sekali lagi kalau mau tau cara capture file AVI yang benar (Baca di sini)

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !