Sabtu, 07 Maret 2009

Pasang Banner di Header

Akhirnya, gw bisa juga pasang banner di header blog gw sendiri. Asli, seru banget ngacak2 kode HTML. Wah, kayanya temen gw yang ngambil jurusan IT bakal bisa ngacak2 data informasi atau jadi “Cyber Crime”, tapi jangan sampai dah. Mau minta diajarin sama Aji WW mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi yg punya blog www.malingsandal.blogspot.com susah banget, ini orang entah pelit atau sok sibuk. Gw dah minta dikirimin kode template-nya tapi kaga dikasih juga. Akhirnya setelah puasa,ikhtiar,dan banyak mikirin Paris Hilton akhirnya berhasil juga (Masa sih ?). Tapi itu juga gara2 kuisnya Film Kambing Jantan dari Raditya Dika (http://radityadika.com ) yang nyuruh peserta kuis dari golongan blogger buat pasang banner film-nya di blog masing2 (http://radityadika.com/bagi-bagi-200-tiket-gala-premier-kambingjantan/ ). Tapi, sialnya gw gak menang kuisnya 3 maret kemarin. Ya udah lah, tinggal nunggu bajakannya aja di Glodok. Trus dikasih tau informasinya buat blogger yang blom tau cara pasang banner di header blog di http://masenchipz.com/8-pasang-banner-di-header-blog. Di situ juga ada tutorial belajar blogspot dan belajar wordpress. Gw dah buka website-nya, bagus banget.
Tapi di situ ada kesalahan informasi yang bikin gw bingung bukan main, contohnya :
1.Dia nyuruh nyari kode (b:section class='header' id='header' maxwidgets='1') tapi di kode template adanya (b:section class='sidebar' id='header' maxwidgets='1'). Kalo di rubah “class=sidebar” jadi “class=header” malah ancur blognya.
2.Dia nyuruh nyari “header-wrapper” yg masih “display;none” trus dirubah jadi :
#header-wrapper {width:660px;margin:0 auto 10px;border:1px solid #ccc;
background:url(http://i162.photbucket.com/albums/t253/rohman24/banner_8.gif);
no-repeat top center; }
Tapi juga udah gw ikutin malah jadi ancur blog gw. Akhirnya, gw nemuin sendiri kode buat pasang banner di header blog. Ternyata bukan “header-wrapper” tapi isi kode dari “outer-wrapper” pada bagian (Page Structure) yang dirubah biar gambar banner-nya bisa muncul di blog lo (Anjrit, gitu doang ternyata). Tinggal nge-rubah alamat “http: nya” aja di kode “background:url”, contohnya :
1.) #outer-wrapper { background:url(“http://www.blogblog.com/dots_dark/bg_3dots.gif") no-repeat 250px 50px; width:700px; margin:0 auto; text-align:$startSide; font:$bodyfont; } “bisa dirubah jadi”
2.) #outer-wrapper { background:url("http://radityadika.com/wp-content/uploads/2009/01/kj.jpeg") no-repeat 250px 50px; width:700px; margin:0 auto; text-align:$startSide; font:$bodyfont;} dan kalau mau dirubah width atau margin-nya juga bisa.
Ternyata belajar CSS sendiri itu susah bukan main apalagi belajar sendiri JavaScript or PHP. Btw, biasanya hal tersebut terjadi kalau kita masih menggunakan template asli dari blogger. Oh ya, gw dah bikin web pake HTML di http://www.geocities.com/btszhigo/. Aduh, gw masih blom bisa konsisten sama posting2an gw. Yah, namanya juga “About My Mind” tulis2 aja dah apa yang ada di pikiran gw.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Owalah, artikel ini pas gw baru bwt blog. jd msh pake template standar. Kalo pake template dari luar pasti ada "header wrapper"

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !