Senin, 11 Mei 2009

Aksesoris Untuk Blog

Mungkin udah ada beberapa blogger yang udah baca artikel gw yang “Modifikasi Blogspot”. Nah, disitu kan gw kasih tau aksesoris buat blog yang gw tau dan gw pasang juga di blog gw. Tapi kita semua pasti tau kalau makin banyak aksesoris malah bikin berat loading page-nya. Tapi gw udah browsing dan dapat satu artikel untuk mempercepat “Page Load” disini. Jadi ini kali ini gw mau jelasin aja aksesoris yang harus dipasang di blog menurut pendapat gw :

1.Gadget “TEKS”

Lebih baik kita tulis pesan “Selamat Datang” dengan gadget “TEKS” daripada menggunakan “Java Script Alert” karena “Java Script Alert” dapat memperlambat pencarian di SEO dan juga kasian buat yang buka blog kita kalau harus meng-klik tombol “OK” terus tiap “Java Script Alert”-nya muncul.

2.Gambar Banner Blog Buatan Sendiri

Nah, kalau udah punya blog jangan mau dong sama ama yang lain. Sulusinya apa ? Pasti nyari2 template2 blog dari pihak ketiga seperti di http://charmskins.com/ . Tapi bisa aja template kita sama kaya punya temen kita . Yah solusinya bikin banner blog sendiri lalu pasangkan di blog kita. Kalau masih belum tau cara pasang banner, baca artikel ini. Tapi sebetulnya pasang banner itu gampang cuma buka “Tata Letak”, “Elemen Halaman”, edit “Header”, upload deh gambar banner-nya kaya upload foto di Facebook gitu loh. Jadi ini penting banget buat membedakan blog Anda dengan blog yang lain.

3.Gadget “Shoutbox” (Kotak Chat)

Aksesoris ini penting untuk dipasangkan di blog sebagai media penghubung yang paling cepat antara Si Pembaca dan Si Pemilik atau istilahnya numpang lewat “Blogwalking”. Karena terkadang pembaca blog malas untuk komentar di salah satu artikel kita kalau tidak punya waktu banyak. Jadi dengan adanya Gadget “Shoutbox” (Kotak Chat) maka memudahkan pembaca blog Anda hanya untuk sekedar meninggalkan pesan di Kotak “Shoutbox” Anda.

4.Gadget “Postingan Terbaru” (FEED)

Biasanya pembaca blog malas untuk melihat arsip kita karena agak susah dibaca dan terlihat kurang rapi. Karena tiap judul artikel kita di dalam “Gadget Arsip” dalam bentuk link yang di garisbawahi sehingga kadang kita susah membedakan batasan2 link-nya/batasan judul artikel-nya. Jadi dengan menggunakan Gadget “Postingan Terbaru” (FEED) maka para pembaca blog dapat dengan mudah menemukan artikel terbaru di blog kita.

5.Gadget “Komentar Terbaru” (FEED)

Kalau ini kebalikan dari no.5 jadi biasanya para pemilik blog yang malas untuk melihat komentar yang masuk. Karena kalau tidak ada gadget ini, maka pemilik blog harus melihat komentar dengan membuka satu2 artikel/melihat komentar yang masuk lewat menu “Dasbor/Posting”. Sedangkan kalau ada Gadget “Komentar Terbaru” (FEED) maka pemilik blog dapat dengan mudah untuk melihat komentar yang masuk melalui gadget ini.

6.Gadget “Label”

Kalau gadget ini fungsinya dapat memudahkan pencarian artikel di blog Anda. Jadi si pembaca tinggal memilih kategori artikel di blog Anda yang sudah dibuat. Harus diingat sebaiknya tiap artikel di beri label yang jelas supaya memudahkan dalam pengelompokkan artikel.

7.Gadget “Google Translate”

Gadget ini fungsinya jika ada pembaca dari negara lain yang tidak mengerti bahasa Indonesia, maka mereka/orang asing tersebut dapat menerjemahkan artikel Anda ke dalam bahasa mereka sehingga mereka jadi tahu isi artikel Anda. Tapi sayangnya Gadget “Google Translate” hanya terbatas 12 bahasa asing saja.

8. Gadget “Live Trafic Feed” (Dari FEEDJIT)

Aksesoris ini berfungsi untuk mengetahui darimana negara mana saja pengunjung blog Anda, artikel apa saja yang dibaca, dan aktivitas “Blogwalking” di blog Anda.

9.Gadget “Counter/Penghitung”

Aksesoris ini berfungsi untuk mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung di blog Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui popularitas blog Anda. Dan seandainya blog Anda sudah ramai pengunjung pasti Anda sudah berani memasang “AdSense/Iklan” untuk penghasilan sampingan Anda.

10.Gadget http://whos.amung.us

Kalau Anda memasang aksesoris ini, maka Anda dapat mengetahui berapa jumlah orang yang sedang mengunjungi/membaca blog Anda secara langsung.

11.Gadget “Status YM”

Kalau Anda sering “Online” sebaiknya pasang Gadget “Status YM” di blog Anda. Jadi jika ada pengunjung yang ingin menghubungi Anda secara langsung maka Anda langsung dapat menyapanya atau membantunya lewat “Yahoo Messanger”. Sedikit informasi kalau YM-an sudah bisa lewat http://webmessenger.yahoo.com jadi gak perlu lagi “Software YM”

12. Situs http://www.copyscape.com/

Situs ini digunakan untuk mengetahui siapa saja yang menjiplak aritkel di blog Anda. Caranya cukup mudah, tinggal buka situs-nya, masukkan alamat blog Anda, lalu klik tombol “GO”. Jika artikel di blog Anda ada yang menjiplak-nya maka akan muncul nama situs/blog penjiplak blog Anda.

Nah, menurut saya aksesoris untuk blog yang sudah saya jelaskan diatas sebetulnya sudah cukup untuk mempercantik blog kita dan tidak memberatkan pula untuk “Page Loading”-nya. Tapi terkadang kita tergiur untuk memasang aksesoris yang lain (Wajar aja sih). Tapi kalau mau tahu lebih lengkap tentang modifikasi blogspot silahkan baca “Tutorial Blogger” yang ada di sebelah kanan atas blog Saya. Btw, kalau ada Newbie yang belum tahu cara memodifikasi blog, silahkan download e-book-nya disini. Terima kasih…

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Gambar free ebook di sblh kanan atas blog gw udah gak ada coz bwt berat blog gw. Kalo mw liat aja free ebook-nya di "tutorial blogger"

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !