Minggu, 26 April 2009

Membuat System Restore

Kemaren gw abis browsing tentang merubah tampilan XP total disini, kampret komputer gw gak ngedukung VGA nya dan katanya bakal bikin kompi jadi lemot walaupun RAM 2GB. Ah, parah banget jadi gw cuma bisa merubah tampilan desktop doank. Tapi katanya yang namanya “Transformation Pack” gitu dapat merusak sistem OS. Tapi gw dapet satu langkah yang harus dilakukan sebelum menginstall apapun, yaitu “System Restore”. Langkah ini dilakukan untuk mengembalikan data OS ke semula jika kita melakukan kesalahan ketika menginstall sesuatu atau jika ada kerusakan/virus pada komputer. Contohnya ketika menginstall Flyakite OS X maka ada sistem OS yang rusak seperti explorer.exe, shell32.dll, mydocs.dll dan lainnya. Anjrit, ternyata working banget waktu gw pake “System Restore” karena komputer gw kena virus pas gw Restore langsung hilang itu virus. Oke, langsung aja untuk langkahnya.

1.Klik Tombol “Start”
2.Pilih “All Programs”
3. Pilih “Accessories”
4.Pilih “System Tools”
5.Pilih “System Restore”
6.Jika belum pernah buat “System Restore” pilih “Crate a Restore Point”
7.Tulis nama settingnya (Terserah, contoh : Komputer Bersih)
8.Klik Next,next,next sampai Finish (Catat baik2 tanggal pembuatan)

Gampang kan ? Jika suatu saat komputer Anda rusak setingannya, maka langsung saja lakukan langkah 1-5 karena Anda sudah membuat “System Restore” waktu itu, maka akan ada menu tambahan “Restore My Computer to an earlier time” setelah diklik lalu Anda tinggal pilih tanggal pembuatan “System Restore” waktu itu. Setelah komputer me-Restart maka komputer Anda akan kembali ke settingan awal pembuatan “System Restore” waktu itu. (Waktu itu Waktu itu terus)

Btw, ada tambahan satu lagi nih. Jujur waktu gw pertama punya komputer, gw bingung gimana caranya merubah semua tampilan folder jadi sama. Maksudnya kalo “Icon” ya “Icon” semua kalo “Details” ya “Details” semua. Sial, gw baru tau caranya, ternyata cuma :

1.Buka “Control Panel”
2.Pilih “Folder Options”
3.Pilih Tab “View”
4.Hilangkan tanda centang “Remember each folder’s view setting”
5.Klik Apply-Ok-Ok-Start-Turn Off-Turn Off (Ha…ha…ha…). Maka semua tampilan folder jadi sama.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !