Jumat, 20 Februari 2009

Siraman Rohani

Hari ini gw dapet sedikit pelajaran dalam hal ngelamar kerja. Menurut gw bagus untuk memperbaiki siap kita dalam melamar kerja. Mungkin ini sedikit yang gue ingat :

1.Mendengar dan mendengarkan :

Dalam melamar kerja kita harus perhatikan Sang Interviewer. Secara kasar mendengar dan mendengarkan itu beda yaitu mendengar bersifat pasif,tidak fokus dan no action, sedangkan mendengarkan bersifat aktif,fokus dan ada action. Jujur, ini merupakan hal penting bagi gw karena selama ini gw lebih sering mendengar daripada mendengarkan. Gw jadi sadar betapa pentingnya kita memperhatikan orang yang sedang berbicara. Toh, jika kita tidak mendengarkan dengan baik kita gak akan dapet apa2 kan. Oleh karena itu mulai sekarang gw harus be a good listener than just listen.

2.Kebanggaan dalam diri

Setiap manusia harus merasa bangga pada dirinya karena kita adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna diantara mahkluk2 lainnya. Kita harus tumbuhkan kebangaan dalam diri kita untuk modal kita dalam melakukan sesuatu.Contohnya dalam melamar kerja. Kalau kita tak bisa menumbuhkan sedikit saja rasa bangga dalam diri kita, maka itu akan jadi nilai minus. Kalau kita punya sesuatu yang bisa kita banggakan ketika melamar kerja itu akan menjadi nilai plus.

3.Rasa syukur

Setiap manusia harus bersyukur setiap saat karena kita sudah diberikan nikmat yang banyak oleh Tuhan YME. Kita bisa berbicara,berjalan,melihat, dan melakukan apa saja dengan leluasa. Coba kita ingat saudara kita yang berada di rumah sakit yang mau akan aja pakai jarum infus, mau napas pakai tabung oksigen, mau jalan harus dibantu perawat, dsb. Kita harus mewujudkan rasa syukur kita dengan apa aja yang kta bisa. Contoh tersenyum pada orang lain sebagai wujud rasa syukur kalau kita diizinkan oleh Tuhan YME untuk bisa bertemu orang lain dalam keadaan sehat walafiat.

4.Kesuksesan

Kesuksesan ialah harapan/cita-cita yang tercapai sesuai dengan yang direncanakan. Setiap manusia pasti pernah sukses. Jika ditanya “Apa kamu sudah sukses ?” Jawabannya “ Ya, saya sudah sukses”. “Apa yang sudah anda raih ?“. Jawabannya “Saya sudah sukses lulus SMA dengan hasil yang memuaskan”. Memang benar, contoh kita sudah sukses keluar dari rahim seorang ibu karena kita adalah satu-satunya pemenang dari satu sel sperma yang berjuang dengan ribuan sel untuk bisa jadi manusia yang utuh,sehat,normal,bisa berpikir, serta memliki intelektual. Karena itu sebaiknya kita tumbuhkan rasa sukses dalam diri untuk meningkatkan rasa percaya diri. Serta memotivasi kita untuk bisa sukses to the next destination (Busway kalee…)

5.Optimisme

Kita harus selalu optimis akan suatu hal apalagi dalam melamar kerja. Jujur karena gw baru lulus SMA jadi tiap ngelamar kerja, hal pertama dalam diri gw ketika sampai di kantor tujuan . Pasti gw selalu nervous dan pesimis. Karena gw belum ada pengalaman kerja dan pastinya yang ngelamar rata2 lulusan D3 or S1. Maklumlah banyak sarjana pengangguran. Tapi itu sudah gak jadi masalah buat gw. Yang penting itu dalam mencapai sesuatu kita harus punya niat,kemauan,usaha,keyakinan, dan optimisme. Toh jika lamaran kita tak diterima. Itu tak jadi masalah jika kita sudah melakukan hal2 tadi, istilahnya “I have done all my best”. Dan percayalah Tuhan YME tak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan umatnya. Tapi kita juga harus berpikir bahwa Tuhan YME tak akan merubah suatu kaum jika kita sendiri tak berusaha untuk merubahnya.

Ini adalah sedikit pelajaran dari yang gw dapet pas ngelamar kerja . Semoga ini memotivasi para blogger yang baca blog gw ini, terutama yang masih nganggur supaya jangan putus asa dan jangan pesimis.

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

1 komentar:

Aji mengatakan...

nyatut dari mana mas hehehehhe
*peace bro

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !