Jumat, 23 Januari 2009

Antena Wireless


Internet Wajanbolic Igun

Waktu gw kelas 3 SMA, guru IT gw pernah bilang ada satu teknologi canggih yaitu penggabungan wajan penggorengan dengan kaleng susu akan menghasilkan suatu antena yang bisa menangkap jaringan internet secara wireless dengan kata lain bisa “internetan” tapi gak bayar alias gratis. Tapi guru gw gak tau gimana jelasnya cara pembuatan alat itu. Tapi setelah 2 tahun kemudian terjawab sudah.
Hari ini gw nonton acara “e-lifestyle” di Metro TV jam 09.05 WIB. Kali ini membahas tentang suatu teknologi baru dan hanya bangsa Indonesia yang punya. Sebagai narasumber yaitu Onno W.Purbo seorang pakar IT. Dia menjelaskan tentang sebuah inovasi terbaru dari pakar IT bernama Gunadi. Terlahirlah sebuah alat canggih ini yang kebanyakan digunakan di daerah. Percobaan ini telah dilakukan oleh Mahasiswa2 Universitas Muhammadiyah Malang lalu mereka menamakan jaringan internet wireless ini dengan nama “RT-RW Net”. Menurut Onno W.Purbo, teknologi wireless ini bersifat legal.
Kenapa dinamakan “wajanbolic” ? Karena wajan seperti antena parabola. Dengan menggunakan “wajanbolic” dapat mencapai radius 3-10KM, dengan menggunakan “access point” bisa mencapai 10KM lebih, sedangkan dengan menggunakan “antena parabola” asli dapat mencapai radius 280KM. Kelebihan dari teknologi ini, kita bisa menggunakan teknologi ini untuk bisnis warnet wireless. Dengan cara setiap user harus punya “antena wajanbolic” sedangkan sang empunya warnet tinggal mempunyai sebuah“access point” dan mengatur perizinan untuk setiap user yang ingin menggunakan layanan internet wireless ini. Tapi kelemahannya yaitu internet harus dimatikan saat cuaca buruk atau hujan karena bahaya jika dipakai saat hujan dapat mengundang petir atau mengundang malaikat pencabut nyawa jika petirnya mengenai kita. Berikut cara alat2 yang mesti disiapkan dan cara pemasangannya.

Alat-alat :
1.USB Wi-Fi (Rp 400ribu-an) atau Wireless 802.11 b/g
2.Wajan (Rp.35.000,00) makin besar makin bagus
3.Pipa paralon (kira2 diameter 10cm)
4.Lakban Aluminium

Cara Pembuatan :
1.Pipa paralon dipasang ditengah2 wajan (tp ada rumus)
2.Lalu 20cm pipa di lakban dan 9 cm tidak
3.Bagian pipa yg tidak dikasih lakban dipasang di tengah wajan
4.Lalu ujung bagian pipa yg dilakban, tengah2 pipa ditutup dengan apa aja
5.Lalu tutup pipa dilubangin 5,3 cm untuk masukin USB Wi-Fi


Untuk lebih jelasnya, silahkan cari informasinya di sini :
Facebook : Onno W. Purbo
Web : www.ngoprek.org
Web : www.opensource.telkomspeedy
Buku : Antena wireless untuk rakyat by Wowo

Baca Juga Artikel Ini



Bookmark and Share

2 komentar:

dono mengatakan...

berapa kecepatannya,apa mega atau giga?

Anonim mengatakan...

Kecepatannya sekitar 384 kbps jika cuma 20 kompi

Posting Komentar

Setelah baca artikel ini, harap dikomentari untuk kemajuan blog ini. Kalau artikelnya bagus kan Anda juga yang senang kan. Kirim komentar Anda di sini !